Berita Sulut

Virus Corona Berpotensi Masuk Sulut, Dinkes Imbau Masyarakat Jangan Panik, Ini Langkah Antisipasi

Masyarakat Provinsi Sulawesi Utara diminta untuk tidak panik menyikapi Penyakit Pneumonia Berat akibat virus Corona dari Wuhan Cina

Virus Corona Berpotensi Masuk Sulut, Dinkes Imbau Masyarakat Jangan Panik, Ini Langkah Antisipasi
TRIBUN MANADO/RYO NOOR
Debie Kalalo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Masyarakat Provinsi Sulawesi Utara diminta untuk tidak panik menyikapi Penyakit Pneumonia Berat akibat virus Corona dari Wuhan Cina. 

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr Debie Kalalo mengatakan,  pemerintah telah mengambil langkah antisipatif

"Sampai hari ini, belum ada laporan ataupun deteksi adanya kasus Pneumonia berat dengan penyebab Virus Corona di Sulut, " kata dia saar konfrensi Pers di Aula Dinkes,  Jumat (24/1/2020).

Langkah antisipasi dimaksud, yakni membuat Surat Edaran Kewaspadaan Pnemonia kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit baik pemerintah maupun swasta pada tanggal 8 Januari 2020.

Seorang Pemuda Bolmong di Cina Alami Sakit Mirip Gejala Virus Korona

Selain itu, membuat surat surveilans aktif RS dan surveilans pasif RS ke rumah sakit agar dapat proaktif melaporkan kejadian penyaklt berpotensi KLB, termasuk kejadian Pneumonia pada tanggal 14 Januari 2020.

Meningkatkan upaya pengamatan Penyakit menyerupai lnfluenza (Influenza like illnesses) di Puskesmas-puskesmas.

Melakukan pemantauan pelaku perjaIanan dari Iuar negeri di Pintu Masuk Negara di Bandara Sam Ratulangl Manado bekerja sama dengan KKP Kelas II Manado, dengan alat pemantau suhu (thermal Scanner).

Selain itu,  melakukan Surveilans Aktif Rumah Sakit (SARS) ke rumah-rumah sakit di Manado dan kabupaten lainnya, untuk memonitor kejadian penyakit menular potensial KLB termasuk kejadian Pneumonia.

Demokrat Siapkan Pendaftaran Cagub dan Wagub, Seleksi Calon Disukai Masyarakat

Melakukan edukasi kepada masyarakat tentang cara-cara pencegahan dan pengendaIian penyakit Pneumonia.

Terakhir, Menyiapkan logistik terkait upaya pencegahan penyakit Pneumoma ini.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved