Nasional

Abdul Kharis Prihatin Kapal Pinisi Yang Ditumpangi Wartawan Istana Presiden Terbalik di Tengah Laut

Wakil Ketua Komisi I DPR fraksi PKS merasa prihatin dengan kecelakaan kapal wartawan Istana Presiden yang terbalik di Labuan Bajo.

Abdul Kharis Prihatin Kapal Pinisi Yang Ditumpangi Wartawan Istana Presiden Terbalik di Tengah Laut
(KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR)
Ini semua foto-foto kapal phinisi Bali milik Hotel Plataran Resort Komodo Labuan Bajo yang muat wartawan istana tenggelam. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mengaku sebagai dari bagian yang tak terpisahkan dengan media, Abdul Kharis Almasyhari sampaikan duka yang mendalam atas kecelakaan kapal yang ditumpangi wartawan di Laut Labuan Bajo.

Abdul Kharis Almasyhari adalah Wakil Ketua Komisi I DPR fraksi PKS, dia merasa prihatin dengan kecelakaan kapal wartawan Istana Presiden yang terbalik di Labuan Bajo akibat diterpa badai.

Kapal pinisi yang ditumpangi wartawan terbalik di Labuan Bajo.
Kapal pinisi yang ditumpangi wartawan terbalik di Labuan Bajo. (HO/Tribunnews.com)

"Sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan media, saya sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI mengucapkan duka mendalam atas musibah yang dialami rekan-rekan wartawan, alhamdulillah tidak ada korban jiwa namun alat-alat peliputan sebagian sepertinya tidak bisa diselamatkan semoga ada solusi terkait musibah tersebut," kata Kharis dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/1/2020).

Kharis meminta agar segera dilakukan upaya evakuasi dan penyelamatan dari segenap pihak.

Serta evaluasi menyeluruh terkait kelayakan kapal pinisi yang digunakan.

"Saya minta instansi terkait agar bisa melakukan evaluasi menyeluruh karena kapal sejenis ini yang kemarin digunakan Presiden Jokowi dan biasa di gunakan wisatawan sehingga jangan sampai terulang kejadian yang sama di kemudian hari," ujarnya.

Kharis mengingatkan pentingnya upaya serius untuk mencegah kecelakaan seperti ini tidak terulang karena Presiden Jokowi menetapkan labuan Bajo sebagai kawasan wisata premium yang perlu kepastian keselamatan dan keamanan wisatawan.

"Perusahaan moda transportasi air harus mematuhi peraturan keselamatan dalam perjalanan dan memperhatikan standard operating procedure (SOP) guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang khususnya wisatawan," katanya.

Kapal rombongan wartawan yang ikut Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Labuan Bajo terbalik pada Selasa, 21 Januari 2020.

Sebelumnya, pihak Istana Kepresidenan memberikan penjelasan mengenai kecelakaan Kapal Plataran Pinisi Bali yang membawa 6 wartawan Istana Presiden, di Perairan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (21/1/2020) siang.

Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan, musibah yang menimpa rekan-rekan wartawan Istana yang meliput kegiatan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada kunjungan kerja ke Labuan Bajo terjadi pada Selasa (21/1/2020).

Kapal yang ditumpangi wartawan, yang diketahui bernama Plataran Pinisi Bali terbalik saat berada di tengah laut.

"Peristiwa tersebut terjadi di luar agenda kepresidenan, karena setelah acara terakhir di Labuan Bajo, yaitu penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat pada Selasa pagi, 21 Januari 2020, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo langsung ke Bandara Komodo untuk kembali ke Jakarta," jelas Bey dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (21/1/2020). (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved