Tokoh

Jenderal Asal Sulut yang Pernah Memimpin Pembebasan Sandera KKB Dalam Waktu Singkat

Setelah Indonesia merdeka, regenerasi putra-putra berdarah Sulawesi Utara tetap ada dan turut menjadi bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Jenderal Asal Sulut yang Pernah Memimpin Pembebasan Sandera KKB Dalam Waktu Singkat
YoutTube.
Letnan Jenderal TNI Johny Josephus Lumintang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setelah Indonesia merdeka, regenerasi putra-putra berdarah Sulawesi Utara tetap ada dan turut menjadi bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Banyak di antara mereka yang dianggap berjasa pada masa pemerintahan, baik Orde Lama (Orla), Orde Baru (Orba) hingga reformasi. 

Nah berikut ini ada ada salah satu Jenderal asal Sulawesi Utara yang  turut berperan dalam operasi pembebasan sandera Mapenduma Team Ekspedisi Lorenz di Irian Jaya.

Ia juga pernah memimpin langsung operasi pembebasan sandera yang ditawan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), dan berhasil dalam waktu yang singkat.

Dia adalah Letnan Jenderal TNI (Purn) Johny Josephus Lumintang.

Johny lahir Desa Noongan, Minahasa, Sulawesi Utara, 28 Juni 1947. 

Merupakan salah satu tokoh militer Indonesia yang pernah menjadi duta besar Indonesia untuk negara Filipina sejak 14 Februari 2014.

Johny menamatkan pendidikan militer di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) tahun 1970, dan masuk di kesatuan Infanteri - Baret Hijau, yakni salah satu pasukan TNI AD yang berkualifikasi Komando, yakni Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat, disingkat KOSTRAD.

Pangkat Terakhir Johny adalah Letnan Jenderal TNI. Jabatan terakhir sebagai militer aktif adalah Sekretaris Jenderal DEPHAN.

Operasi Mapenduma Team Ekspedisi Lorenz

Tim Lorentz 1996 yang disandera OPM.
Tim Lorentz 1996 yang disandera OPM. (ICRC via Majalah Intisari)
Halaman
1234
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved