Berita Mitra

Pengawas Gunung Soputan Keluarkan Larangan Aktivitas Radius 4 Kilometer dari Kawah

Gunung Soputan masuk dalam status level 2 alias waspada, pengawas mengimbau kepada warga agar menjauhi aktivitas mendaki gunung sepanjang radius 4 km

Pengawas Gunung Soputan Keluarkan Larangan Aktivitas Radius 4 Kilometer dari Kawah
ist
Gunung Soputan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gunung Soputan masuk dalam status level 2 alias waspada, pengawas mengimbau kepada warga agar menjauhi aktivitas mendaki gunung sepanjang radius 4 kilometer dari kawah

Demikian dikatakan langsung oleh Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Soputan Fahrul Roji, Kamis, (16/1/2020).

Status Gunung Soputan yang hingga saat ini masih aktif dan bisa saja mengeluarkan erupsi, menjadi perhatian khusus bagi para tim pengawas di lokasi setempat yakni Desa Silian III Kecamatan Silian Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

"Untuk saat ini memang perlu dikeluarkan imabuan kepada masyarakat agar sebisa mungkin menghindari aktivitas di radius 4 kilometer," tutur Fahrul.

Bawaslu Awasi Pergerakan Kepala Lingkungan, Ada Isu Bagi-bagi Formulir Dukungan

Selain itu, lokasi yang dinilai berbahaya yakni kawasan bukaan kawah gunung yang menjadi pusat aliran lava dan awan panas guguran.

"Lokasi tersebut yakni, Sungai Ranowangko, Lawian, Popang dan Londola Kelewahu," tukasnya.

Akan tetapi dari hasil pantauan hari ini. Pihaknya heran, karena masih ada saja pengunjung yang kumabal dan masih saja mendekati radius yang dilarang.

Simulasi Bupati Tetty Paruntu Disandera, Lima Teroris Berhasil Dilumpuhkan TNI AL

"Memang masih ada yang melintasi radius yang menjadi larangan itu. Di situ juga sudah dipasang papan imbauan bagi para pengunjung. Namun masih saja dilanggar. Bila terjadi sesuatu, kami sebagai pihak pengawas telah melakukan imbauan namun tak didengar, jadi konsekuensinya jelas bila terjadi sesuatu," jelas Fahrul.

Akan tetapi, pihaknya tetap menjalankan tujuan pokok dan fungsi (tupoksi) selaku tim pengawas yang ada di Gunung Soputan.

"Akan tetapi lepas dari itu, tetap kami awasi aktivitas yang ada selama masih ada masyarakat yang berkunjung. Mengingat memang di situ bakal dibuat lokasi wisata untuk Kabupaten Mitra. Pihak kami tetap berkoordinasi untuk keamanan warga saat melakukan aktivitas di lokasi Gunung Soputan," tutup Roji. (Ano)

Pemerintah Rusia Siapkan Rp 100 Juta bagi Setiap Perempuan yang Melahirkan

Penulis: Giolano Setiay
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved