Nasional

Harga Tabung Gas Elpiji 3 Kg Naik? Bisa Mencapai Rp 35.000 per Tabung, Ini Penjelasannya

Harga Gas melon ini akan disesuaikan dengan harga pasar. Jika benar, diperkirakan harganya bisa mencapai Rp 35.000 per tabung.

Harga Tabung Gas Elpiji 3 Kg Naik? Bisa Mencapai Rp 35.000 per Tabung, Ini Penjelasannya
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Agen tabung gas elpiji ukuran 3 Kg di Karanganyar Kota. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sudah ditargetkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait pelaksanaan subsidi tertutup Tabung gas elpiji.

Khusus elpiji 3 Kg subsidi tertutup dapat dimulai pada semester II/2020.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas, Mohammad Hidayat mengatakan, subsidi akan menyasar masyarakat yang berhak memperoleh manfaat.

"Tentunya dengan kordinasi kementerian lain, sedang dirumuskan kebijakan, mekanisme, dan teknologinya, sehingga lebih tepat sasaran," katanya, di Kantor Direktorat Migas, Selasa (14/1).

Ia berharap pelaksanaan subsidi dapat dilakukan pada semester II/2020 dan diprediksi bisa menghemat subsidi elpiji.

Plt Dirjen Migas kementerian ESDM, Djoko Siswanto menuturkan, besaran penghematan subsidi beragam, bergantung pada waktu pelaksanaan.

"Kalau Januari katakanlah tahap awal, (menghemat) 30 persen, kalau pertengahan (Juli) 10-15 persen," jelasnya, pada kesempatan yang sama.

Selain itu, Djoko menyatakan, penghematan subsidi juga akan diperoleh lewat pembelian elpiji dari masyarakat non-penerima subsidi.

Nantinya, masyarakat yang tidak menerima subsidi mau tidak mau harus membeli elpiji melon dengan harga pasar, atau beralih pada tabung elpiji 5 Kg dan 12 Kg.

Menurut dia, pelaksanaan subsidi tertutup telah mendapat persetujuan stakeholder terkait.

Halaman
1234
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved