Berita Bitung

DPRD Bitung Kaget, Proyek Dana Kelurahan Didominasi Satu Kontraktor

Sejumlah pengerjaan proyek dana kelurahan di Kecamatan Aertembaga diduga dimonopoli oleh satu kontraktor saja

DPRD Bitung Kaget, Proyek Dana Kelurahan Didominasi Satu Kontraktor
Tribun manado / Christian Wayongkere
Peninjauan Komisi III DPRD Bitung ke lokasi proyek yang diduga masih tak besar pelaksanaannya sejak tahun 2019 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sejumlah pengerjaan proyek dana kelurahan di Kecamatan Aertembaga diduga dimonopoli oleh satu kontraktor saja.

Pengerjaan proyek yang bersumber dari dana kelurahan tahun 2019, seperti pengerjaan jalan di gang atau lorong menjadi panving stone, saluran air atau got dan lampu penerangan jalan.

Dari sekian banyak proyek hanya satu pekerjaan yang dikerjakan oleh kontraktor berbeda.

Hal ini terkauk saat Komisi III DPRD Kota Bitung, yang bermaterikan Ketua Komisi III Vivi Ganap, Hasan Suga Wakil ketua Komisi, Lanny Sondakh dan Meidy Tuwo anggota Komisi melakukan inspeksi mendadak.

Penyerderhanaan Birokrasi Ditargetkan Selesai Tahun ini, Jabatan Eselon Kena Pangkas

"Kami saja kaget dengan kondisi pekerjaan dana kelurahan di Kecamatan Aertembaga, didominasi oleh satu orang kontraktor saja," kata Hasan Suga ketika bercakap-cakap dengan Camat Aertembaga Sumeldy Malangga, Sekcam Aertembaga dan Lurah Winenet 1 Novel Darondo di ruang kerja lurah, Kamis (16/1/2020).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), menilai harusnya di 10 Kelurahan di Kecamatan Aertembaga, pihak ketiga harus berbeda.

Kalau hanya satu orang saja, diduga ada apa-apanya dalam proses tender atau penunjukkan langsung pekerjaan proyek tersebut.

Gubernur Olly Lantik Diano Tandaju Jabat Kepala BKKBN Sulut

"Jangan sampai ada kongkalikong. Jujur saja hasil temuan Komisi III di lapangan banyak pekerjaan belum tuntas," tegasnya.

Melihat kondisi ini dari hasil sidak proyek di lapangan Komisi III DPRD Bitung akan memanggil kuasa pengguna anggaran, baik camat dan lurah yang bersangkut untuk kroscek pengerjaan proyeknya seperti dan pelaksana atau pihak ketiga yang hanya orang itu saja.

Terkait dengan alasan pemerintah kelurahan yang tidak tahu menahu dengan itu, komisi III menilai itu hanya alasan semata.

10 Bakal Calon Telah Mendaftar di PAN, Sekretaris Bapilu: Pleno Akan Dilaksanakan Sebelum Kongres

Apalagi ketika beralasan ada pejabat baru untuk lurah dan camat.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved