Berita Sulut

Sukseskan Program Kapolri, Polres Kepulauan Sangihe Tanam Pohon di Lebo

Kegiatan ini bukan seremonial semata, tetapi merupakan salah satu wujud nyata kepedulian Polri terhadap kelestarian lingkungan

Sukseskan Program Kapolri, Polres Kepulauan Sangihe Tanam Pohon di Lebo
Istimewa
Polres Kepulauan Sangihe Tanam Pohon di Lebo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Polres Kepulauan Sangihe menyukseskan program Kapolri, yakni “Polri Peduli Penghijauan” dengan cara penanaman pohon di sekitar lokasi bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di Kampung Lebo, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat (10/1/2020).

Kegiatan ini dipimpin Kapolres Kepulauan Sangihe AKBP Sudung Ferdinand Napitu.

Dalam sambutannya, Napitu mengatakan, kegiatan ini bukan seremonial semata, tetapi merupakan salah satu wujud nyata kepedulian Polri terhadap kelestarian lingkungan, terutama di lokasi bencana alam.

“Kegiatan ini memang diinisiasi Polri. Namun dalam pelaksanaannya, turut melibatkan Pemerintah Daerah, TNI, masyarakat dan pihak terkait lainnya," ujarnya.

Ramoy Markus Luntungan Bakal Ramaikan Pilkada Minsel, Ferry Liando: Sepertinya Berat

Lanjutnya, ini sebagai bentuk sinergitas, kepedulian dan tanggungjawab kita, bersama dalam menjaga lingkungan alam.

"Kegiatan ini, mendapat dukungan dari Kapolda Sulut Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto, sebanyak 1.000 bibit pohon. Terdiri dari mahoni, cempaka dan nantu, " jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga mendapat bantuan sebanyak 1.500 bibit pohon, dari pihak Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui UPTD KPH Unit II Sangihe. Terdiri dari mahoni, jambu air citra dan jeruk sunkist.

Kapolres Minahasa Beserta Jajaran Ikut Berpartisipasi Angkat Eceng Gondok

"Total bantuan yang diterima sebanyak 2.500 bibit pohon. Selain di lokasi bencana alam, bibit-bibit pohon tersebut juga akan didistribusikan dan ditanam di seluruh kecamatan dan Polsek di wilayah Sangihe, " ungkapnya.

Dia berharap, bibit-bibit pohon yang diserahkan, nantinya dapat ditanam sesuai peruntukannya.

"Misalnya, kalau bibit pohon itu untuk mencegah banjir dan tanah longsor, maka harus ditanam di daerah rawan bencana alam tersebut,” ucap Kapolres.

PDIP Seleksi Calon Wali Kota Manado, Persaingan Ketat dan Alot, Ini Sejumlah Nama yang Muncul

Sebelum penanaman, dilakukan penyerahan bibit pohon kepada camat, para Kapolsek dan Kapitalaung (kepala desa).

Kemudian penanaman pohon secara simbolis diawali oleh Kapolres bersama Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana, didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Sangihe Ny Rosdiana Napitu dan Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Ny Ririswati Gaghana Katamsi.

Selanjutnya berturut-turut diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Kepulauan Sangihe atau yang mewakili, yakni Dandim 1301/Sangihe, Danlanal Tahuna, Kajari, Wakil Bupati, Ketua PN Tahuna, Wakapolres, Ketua DPRD, Kepala BPBD dan Kepala BLH Tahuna.

Polisi Sita CCTV Kontrakan & Amankan HP Mantan Asisten Lina Ungkap Hal Mengejutkan,Teddy Terlibat?

Turut hadir dalam penanaman pohon tersebut Kajari Yunardi, Palaksa Lanal Tahuna Letkol Laut CH Kondowangkow, Anggota DPRD Max Pangimangeng, Kepala BPBD Rivo Pudihang, Kepala BLH Ronald Izak, perwakilan PN Bustarudin, Wakapolres Kompol H O Bingku, beserta para Pejabat Utama, Kapolsek dan Bhayangkari.

Serta Danramil Tahuna Kapten C Wangka, Camat Manganitu Gersonipon Arebbaeng, Kapitalaung Kampung Lebo Samson Yusak Muli, dan para Kapitalaung lainnya, para ketua dan anggota organisasi wanita di lingkungan TNI, serta instansi pemerintah, dan masyarakat setempat. (Juf)

Rolling 154 Pejabat Eselon II-IV Bolmong, Bupati Yasti: Jangan Cari Muka ke Saya

Penulis: Jufry Mantak
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved