BMKG

BMKG Imbau Waspada Info Gempa dan Tsunami Tanpa Informasi Resmi di Malam Tahun Baru 2020

Dwikorita Karnawati mengungkap sejumlah berita hoaks yang biasanya beredar di masyarakat diantaranya terkait gempa dan tsunami.

BMKG Imbau Waspada Info Gempa dan Tsunami Tanpa Informasi Resmi di Malam Tahun Baru 2020
Pinterest
Ilustrasi tsunami. Lima tsunami terdahsyat yang pernah ada sepanjang masa. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Imbauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) agar masyarakat mewaspadai adanya berita Hoaks yang menyebar di penghujung tahun 2019.

"Jangan mudah terpancing hoaks. Biasanya kalau tahun baru itu panen Hoaks. Setiap malam-malam tertentu itu biasanya panen Hoaks," ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, Senin (30/12/2019) di Graha BNPB.

Dwikorita Karnawati mengungkap sejumlah berita hoaks yang biasanya beredar di masyarakat diantaranya terkait gempa dan tsunami.

Walaupun begitu, Kepala BMKG tersebut meminta agar masyarakat tidak meremehkan semua berita yang beredar.

Ia meminta masyarakat untuk selalu mengecek kebenaran informasi yang didapatkan melalui aplikasi Info BMKG, atau di sosial media resmi BMKG.

"Jadi yang kami mohon setiap menerima apapun yang terkait gempa bumi dan tsunami, cek di Info BMKG. Disitu ada berita yang terupdate," ujar Kepala BMKG.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati (baju putih) di Graha BNPB, Senin (30/12/2019).
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati (baju putih) di Graha BNPB, Senin (30/12/2019). (Larasati Dyah Utami/Tribunnews.com)

Dwikorita menjelaskan, walaupun kabar yang beredar di masyarakat tersebut mengatasnamakan BMKG, kabar tersebut sudah dipastikan kabar bohong jika tidak ada informasi resmi di Info BMKG.

Hal tersebut dikarenakan BMKG sendiri belum bisa memprediksi kapan serta dimana gempa dan tsunami itu akan terjadi.

"Meskipun berita hoaks itu mengatasnamakan BMKG, tapi kalau tidak ada di info BMKG ya itu bohong. Jadi kalau (ada berita) nanti malam atau malam tahun baru akan terjadi gempa bumi dan tsunami. Itu pasti ngarang. Karena kita tidak akan tahu kapan gempa dan tsunami itu akan terjadi," ujarnya (Tribunnews.com)

Prakiraan Cuaca Selasa 31 Desember 2019 (Hari Pergantian Tahun 2019-2020)

Prakiraan Cuaca - Berikut ini prakiraan cuaca BMKG di 33 kota besok, Selasa 15 Oktober 2019 wilayah Pontianak waspada hujan lebat saat dini hari
Prakiraan Cuaca - Berikut ini prakiraan cuaca BMKG di 33 kota besok, Selasa 15 Oktober 2019 wilayah Pontianak waspada hujan lebat saat dini hari (Grafis/Rahmandito Dwiatno)
Halaman
1234
Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved