NEWS

Dewan Pengawas KPK Dilantik, Jokowi Diingkatkan Soal Janji Perkuat Komisi Anti Rasuah

Janji Presiden Joko Widodo untuk memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi diingkatkan jelang pelantikan Dewan Pengawas KPK

Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Janji Presiden Joko Widodo ( Jokowi) untuk memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) diingkatkan jelang pelantikan Dewan Pengawas KPK. 

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik anggota Dewan Pengawas KPK pada Jumat (20/12/2019) hari ini.

Sudah terdapat nama-nama siapa saja masuk menjadi Dewan Pengawas KPK, yang telah diungkapkan oleh Presiden Jokowi sendiri.

Dikutip dari Kompas.com, Presiden Jokowi telah mengungkapkan ada tiga nama yang diusulkan menjadi Dewan Pengawas KPK.

Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi. (Tangkap layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)

Ketiganya itu ialah mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, mantan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung Artidjo Alkostar, dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang Albertina Ho.

"Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk, tapi belum difinalkan karena kan hanya lima, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Presiden Jokowi dalam diskusi dengan wartawan di Balikpapan, Rabu (18/12/2019) lalu.

Meski sudah membocorkan nama dari unsur hakim dan mantan pimpinan KPK, Jokowi masih enggan mengungkap nama yang berasal dari latar belakang jaksa, ekonom, dan akademisi.

"Jaksa siapa ya, ada jaksa yang tidak aktif lagi (pensiun) kelihatannya, kalau ekonom masuk biar seimbang, (anggota Dewan Pengawas) pasti baik-baiklah," tambah Presiden.

Jokowi Naik Motor Erick Thohir Hanya Boncengan dan Tak Pakai Helm, Ikut Jajal Jalan Perbatasan RI

Jokowi memastikan orang-orang yang akan ditunjuk sebagai Dewan Pengawas KPK adalah orang yang mempunyai catatan baik.

Namun, dirinya menegaskan bahwa susunan nama anggota Dewan Pengawas KPK belum final karena penyaringan masih terus dilakukan hingga Kamis (19/12/2019) kemarin.

Halaman
123
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved