Pilkada Serentak

Tatap Pilkada, Minsel, Tomohon dan Sangihe Jadi Basis Golkar

Begitu pula dengan Tomohon dan Sangihe di mana kepala daerahnya merupakan kader Golkar. Tentunya mereka akan berupayamemenangkan partai mereka.

Tatap Pilkada, Minsel, Tomohon dan Sangihe Jadi Basis Golkar
ISTIMEWA
Orientasi Fungsionaris dan Rakerda Golkar Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID  - Pada perhelatan 7 pilkada kabulaten/kota dan pilgub 2020, tiga daerah di Sulawesi Utara (Sulut) masih akan menjadi basis Partai Golkar. Ketiga wilayah itu yakni Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Kota Tomohon dan Kabupaten Sangihe.

Minsel menjadi daerah fenomenal dalam mendongkrak suara Golkar pada pileg April 2019 lalu.

Adrian Jopie Paruntu menjadi anggota DPR RI berkat raihan 40 ribu lebih suara dari Minsel. Ini belum ditambah dengan suara yang didapat dari Jerry Sambuaga, Marhany Pua dan caleg lainnya.

Begitu pula dengan Tomohon dan Sangihe di mana kepala daerahnya merupakan kader Golkar.

Tentunya mereka akan berupayamemenangkan partai mereka.

Pengamat politik Sulut Taufik Tumbelaka belum lama ini mengatakan menghadapi Pilkada 2020 di Sulut, Partai Golkar tentunya memiliki peluang yang berbeda dengan PDIP yang memasang target "sapu bersih".

Kekuatan Golkar di Sulut saat ini nampak harus fokus kepada beberapa Pilkada berdasarkan probabilitas yang ada.

Misalkan kelemahan Golkar di Bitung dan Minut menyebabkan Golkar harus realistis berkoalisi guna memperbesar peluang kemenangan.

Walaupun pada kalkulasi politik didaerah lainpun seperti Manado, Tomohon dan juga Minsel juga berpeluang besar terjadi koalisi.

"Pilkada 2020 akan menjadi perjalan tidak mudah PG sehingga wajar jika Ketua PG Sulut Christiany Eugenia Paruntu melontarkan pernyataan jika PG berpeluang berkoalisi," kata Taufik Tumbelaka.

Halaman
12
Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved