Popularitas Tetty Ancaman ODSK: Golkar-Nasdem Bisa Kalahkan PDIP

Perang tiga kekuatan politik, PDIP, Partai Nasdem dan Partai Golkar tak terelakan jelang Pilgub Sulut 2020. PDIP mengandalkan petahana Olly

Popularitas Tetty Ancaman ODSK: Golkar-Nasdem Bisa Kalahkan PDIP
tribun manado
Grafis kekuatan politik jelang Pilgub Sulut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Perang tiga kekuatan politik, PDIP, Partai Nasdem dan Partai Golkar tak terelakan jelang Pilgub Sulut 2020. PDIP mengandalkan petahana Olly Dondokambey-Steven Kandouw, Nasdem punya sederetan ‘joker’ kepala daerah populis seperti GS Vicky Lumentut, Elly Lasut, Vonnie Anneke Panambunan dan Tatong Bara.

Sedangkan parpol yang pernah berkuasa lama di Nyiur Melambai memfavoritkan Christiany Eugenia Paruntu, Jimmy Eman, Stevanus Vreeke Runtu dan Djelantik Mokodompit.

Olly Dampingi Mensos Hibahkan Rp 4,5 M ke GPdI

Parpol pendukung petahana punya 18 kursi di DPRD Sulut. Sudah bisa mengusung sendiri calon gubernur dan wakil gubernur. PDIP juga diperkuat 6 kepala daerah dan 11 wakil kepala daerah yang diharapkan menjadi magnet suara di Pilkada 2020 (lihat grafis).

Nasdem bermodalkan 9 kursi di parlemen Gedung Cengkih, Kairagi sudah dapat mengusung pasangan calon. Partai besutan Surya Paloh ini juga memiliki 5 kepala daerah dan 1 wakil kepala daerah pendulang suara.

Sedangkan Beringin Sulut tak kalah diperhitungkan. Meski membutuhkan 2 kursi di parlemen (Golkar punya 7 di DPRD Sulut), partai yang baru saja menggelar musyawarah nasional ini punya figur populer sekaliber Tetty Paruntu, yang bisa mengimbangi 2 kekuatan lainnya.

Genderang perang ditabuh Tetty dan Ketua DPW PAN Sulut Sehan Landjar terhadap petahana ODSK. Keduanya mendaftar sebagai cagub-cawagub di Golkar dan Nasdem. Penabuh gendang selanjutnya adalah Elly Lasut, Vicky Lumentut dan VAP. Elly direncanakan mendaftar Sabtu hari ini, sedang Vicky dan VAP pada Senin pekan depan.

Sekretaris DPD PDIP Sulut Frangky Wongkar mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan strategi untuk memenangkan pilgub. "Maju adalah pilihan politik mereka. Kami tak gentar. Kami sudah punya strategi," katanya.

Dikatakannya, PDIP memasang ODSK sebagai cagub-cawagub. Wongkar mengatakan, PDIP bakal membuka pandaftaran untuk calon wali kota dan bupati pada Sabtu ini. "Pendaftaran kita buka besok," katanya, Jumat kemarin.

Jokowi Yakin Kasus Novel Terungkap, KPK Berharap Irjen Listyo Sigit Prabowo Mampu

PDIP menarget sapu bersih Pilgub Sulut serta pilkada 7 daerah lainnya. Mesin partai sudah unjuk gigi di Pemilu 2019. PDIP mendominasi, tak hanya menang di kandang, tapi merangsek di kandang lawan. Untuk Pilkada 2020, PDIP punya modal kekuatan 5 kepala daerah, 11 wakil kepala daerah, 11 ketua DPRD, 3 anggota DPR RI, 18 anggota DPRD Sulut dan 132 anggota DPRD kabupaten dan kota.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Steven Kandouw hakul yakin dengan kekuatan partainya. Sama ketika memenangkan Pemilu 2019, Steven mengatakan, PDIP akan menggunakan strategi gotong royong untuk target sapu bersih. "Pilkada bukan hanya tanggung jawab kader di daerah yang menyelenggarakan pilkada, tapi semua kader. Daerah yang tidak Pilkada turun membantu daerah yang pilkada," ujar dia.

Pemandangan Umum Golkar Sulut, Tetty Usung Airlangga Capres 2024
Pemandangan Umum Golkar Sulut, Tetty Usung Airlangga Capres 2024 (Istimewa)

Pasangan OSDK punya kekuatan merata di Minahasa, Nusa Utara dan Bolaang Mongondow Raya. Di Minahasa, PDIP unggul mutlak Minahasa Induk dan Mitra. Di Nusa Utara, ODSK perkasa di Sitaro. Di BMR, berkaca dari hasil pileg lalu, ODSK bisa unggul di Bolsel, Bolmong, Bolmut. Di Kotamobagu, ODSK berpeluang menyaingi Nasdem.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved