News

Batas Sampai 30 November, 16 Kecamatan se-Minsel Masih Tunggak PBB

Evert Kawalo, Jumat (6/12/2019) mengatakan keterlambatan melunasi pajak akan berdampak tidak terealisasinya sebagian program pembangunan dan pelayanan

Batas Sampai 30 November, 16 Kecamatan se-Minsel Masih Tunggak PBB
Istimewa
Batas Sampai 30 November, 16 Kecamatan se-Minsel Masih Tunggak PBB 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Evert Kawalo mengungkapkan hanya Kecamatan Motoling Timur yang baru lunas 100 persen pajak bumi dan bangunan (PBB).

Sementara itu semua warga yang ada di 16 kecamatan lain se-Minsel belum lunas PBB hingga batas waktu yang diberikan yakni sampai 30 November 2019.

Evert Kawalo, Jumat (6/12/2019) mengatakan keterlambatan melunasi pajak akan berdampak tidak terealisasinya sebagian program pembangunan dan pelayanan.

“Pelunasan PBB dibatasi sampai dengan 30 November 2019. Tapi baru Kecamatan Motoling Timur yang keseluruhan desanya sudah melunasi PBB, sementara kecamatan lainnya masih menunggak,” kata Evert Kawalo.

Disinggung soal apakah ada sanksi yang akan diberlakukan untuk kecamatan atau desa yang masih menunggak pembayaran PBB, menurut Kawalo, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Apakah nantinya sanksi itu berupa penundaan pencarian Alokasi Dana Desa (ADD) triwulan akhir.

“Sebenarnya tidak ada sanksi untuk desa yang terlambat membayar PBB. Hanya saja, pencarian ADD triwulan empat, baru akan direalisasi setelah tunggakan dilunasi," ujarnya.

Kata Evert Kawalo pihaknya akan segera menyerahkan daftar desa-desa yang masih penunggak PBB untuk menjadi pegangan Dinas PMD.

Camat Modoinding Harits Lokas memgatakan masalah yang dihadapi yakni saat menagih PBB kepada wajib pajak. Jadi kesadaran membayar pajak yang harus timbul dari masyarakat sendiri.

"Tapi di kecamatan kami sudah hampir 60 persen membayar PBB. Paling tidak sebelum libur Natal saya optimistis akan capai 100 persen," kata Harits Lokas.

BERITA TERPOPULER :

 Susi Pudjiastuti Gantikan Ari Askhara Sebagai Dirut Garuda Indonesia? Diusulkan Sejumlah Pihak

 Jadi Kacau, Rocky Gerung Sebut Pancasila Bukan Ideologi Negara dan Bisa Diubah Setelah Hina Jokowi

TONTON JUGA :

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved