PKS Minta Presiden Terbitkan Perppu KPK, Sohibul: Ini Soal Aspirasi Masyarakat

Sebagai yang kalah voting, pasti tentu tidak puas. Nah, cara untuk memenuhi kepuasan kami, kami berharap ada perppu

PKS Minta Presiden Terbitkan Perppu KPK, Sohibul: Ini Soal Aspirasi Masyarakat
KOMPAS.COM/Andi Hartik
Sohibul Iman 

TRIBUNMANADO.CO.ID -Presiden Joko Widodo seharusnya sudah menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) atas Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal ini disampaikan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman. "Ya kita PKS berharap ada perppu itu, karena kan banyak yang diinginkan oleh PKS waktu amandemen UU KPK kan, (tapi) tidak diterima," kata Sohibul di Hotel Sahid Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Seperti diketahui, ada tiga hal yang menjadi sorotan PKS pada saat pembahasan revisi UU KPK, yaitu soal ketentuan kelembagaan Dewan Pengawas yang menjadi bagian dari KPK, pemilihan anggota Dewan Pengawas yang menjadi wewenang presiden serta keharusan KPK meminta izin penyadapan kepada Dewan Pengawas.

Namun, ketika proses voting dilaksanakan, mayoritas fraksi mendukung revisi UU tersebut. "Kita kalah voting. Sebagai yang kalah voting, pasti tentu tidak puas dong dengan undang-undang itu kan. Nah, cara untuk memenuhi kepuasan kami, kami berharap ada perppu," ujarnya.

Meski demikian, pemerintah sejauh ini telah bersikap tak akan menerbitkan perppu hingga ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas sejumlah permohonan gugatan yang diajukan masyarakat mengenai perppu tersebut.

"Saya kira Pak Jokowi tentu akan berhadapan juga dengan aspirasi masyarakat, karena banyak masyarakat yang ingin ada perppu. PKS tentu berharap ada perppu," ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PKS Harap Presiden Terbitkan Perppu KPK, Ini Alasannya....", https://nasional.kompas.com/read/2019/12/05/16391781/pks-harap-presiden-terbitkan-perppu-kpk-ini-alasannya

Penulis:
Editor: Charles Komaling
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved