Munas Golkar

Airlangga Ketum, Bamsoet Waketum Golkar dan Posisi Ketua MPR Aman, Posisi Tetty Paruntu?

Semua sudah memprediksi dengan mundurnya Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari pertarungan calon Ketua Umum Partai Golkar pasti ada negosiasi

Airlangga Ketum, Bamsoet Waketum Golkar dan Posisi Ketua MPR Aman, Posisi Tetty Paruntu?
antara
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) meninggalkan ruangan usai membuka secara resmi Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar di Jakarta, Selasa (3/12/2019). Agenda munas ini digelar untuk menentukan Ketua Umum Golkar periode 2019-2024. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Semua sudah memprediksi dengan mundurnya Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari pertarungan calon Ketua Umum Partai Golkar pasti ada negosiasi antara Bamsoet dan Airlangga Hartarto

Sesuai informasi yang diperoleh, nantinya di struktur ada posisi Wakil Ketua Umum Partai Golkar yang ditempati Bambang Soesatyo (Bamsoet). Tak hanya itu, dalam formatur kepengurusan nanti akan mengakomodir kubu Bamsoet, Agun Gunandjar, Ahmadi Noor Supit dan Nusron Wahid.

Jelang Munas Partai Golkar, Bamsoet Bertekad Akan Memimpin dengan Baik, Airlangga: Berkomentar Pedas
Jelang Munas Partai Golkar, Bamsoet Bertekad Akan Memimpin dengan Baik, Airlangga: Berkomentar Pedas (Nasional Kompas)

Bahkan, bukan hanya dalam struktur partai. Kedua kubu akan diakomodir dalam jabatan-jabatan di pemerintahan dan eksekutif.

Selain itu posisi Bamsoet sebagai Ketua MPR RI yang sebelumnya 'digoyang' dinyatakan aman. Informsi lainnya menyebutkan Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Utara, Christiany Eugenia Paruntu atau biasa disapa Tetty akan masuk di jajaran pengurus inti.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bambang Soesatyo alias Bamsoet karena menyatakan mundur dari pencalonan sebagai ketua umum Partai Golkar. Hal itu disampaikan Airlangga saat menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan Munas Golkar di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta pada Selasa malam, 3 Desember 2019.

Ditalak Cerai Ustaz Abdul Somad, Mellya Juniarti: Saya Tak Pernah Buat Salah

Chord dan Lirik Lagu Menua Bersamamu dari Musisi Jogja Project

Fraksi Golkar DPRD DKI Sebut Kinerja TGUPP Tak Efektif dan Bebani APBD di Hadapan Gubernur Anies

"Yang kami banggakan Ketua MPR RI Mas Bambang Soesatyo. Terimakasih Mas Bamsoet, sudah membuka musyawarah ini menjadi adem, tenang," ujar Airlangga Hartarto di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta pada Selasa malam, 3 Desember 2019.

Sebelumnya, Bamsoet memang mengumumkan pengunduran diri setelah bertemu tokoh senior Golkar sekaligus Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, di kantornya, Selasa siang.

"Saya mengimbau kepada para pendukung saya yang selama ini bekerja keras, saat ini hanya ada satu Partai Golkar. Dengan ini saya mengundurkan diri dari pencalonan ketum Golkar," ujar Bamsoet di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta.

Setelah Bamsoet mengundurkan diri, Airlangga Hartarto berpeluang besar terpilih secara aklamasi di Munas Golkar. Ketua Panitia Pelaksana Munas Golkar Adies Kadir mengatakan hingga pembukaan malam ini masih melakukan lobi-lobi agar terjadi musyawarah mufakat dengan calon-calon yang hendak maju sebagai calon ketua umum.

Airlangga Hartarto resmi mendaftarkan diri menjadi Calon Ketua umum Golkar periode 2019-2024.
Airlangga Hartarto resmi mendaftarkan diri menjadi Calon Ketua umum Golkar periode 2019-2024. (Tribunnews.com/Taufik Ismail)

"Masih dilakukan lobi-lobi, kita lihat sampai pembukaan 19.30 ini. Kalau tercapai musyarawah mufakat dan tidak ada calon lain yang maju, berarti otomatis aklamasi. Tidak ada pemilihan," ujar Adies.

Sejauh ini, ada lima calon ketua umum yang lolos tahap penjaringan, yakni Ridwan Hisjam, Ali Yahya, Agun Gunandjar Sudarso, Bambang Soesatyo, dan Airlangga Hartarto. Menyusul Bamsoet, Agun Gunandjar sudah menyatakan mengundurkan diri. Ridwan Hisjam dan Ali Yahya juga disebut-sebut akan menyusul mundur.

"Jadi, melihat dari calon yang lolos, untuk sampai saat ini, kan Pak Airlangga calon kuat. Lawan kuat beliau Bamsoet kan sudah mundur. Tapi, kita lihat lah nanti," ujar Adies.

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved