Berita Minahasa

Unima Kembangkan Industri Penyulingan Minyak Nilam, Arrijani Sebut Bakal Jadi Pusat Unggulan Iptek

Universitas Negeri Manado (Unima) membina petani mitranya untuk mengembangkan Industri Penyulingan Minyak Nilam di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Unima Kembangkan Industri Penyulingan Minyak Nilam, Arrijani Sebut Bakal Jadi Pusat Unggulan Iptek
ISTIMEWA
Unima Kembangkan Industri Penyulingan Minyak Nilam 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Universitas Negeri Manado (Unima) membina petani mitranya untuk mengembangkan Industri Penyulingan Minyak Nilam di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Program ini menerapkan teknologi tepat guna Unima dipimpin Prof Dr Arrijani MSi, selaku Ketua Pelaksana.

Tujuan khusus dari kegiatan Insentif Inovasi Industri ini adalah mengaplikasikan teknologi pembibitan tanaman nilam.

Pada tahun pertama, dilakukan penanaman 60.000 nilam di lahan seluas 6 hektare.

Kemudian pada tahun kedua, dilakukan penyulingan minyak nilam dengan system Steam and water distillation serta mengembangkan areal agribisnis dalam kampus Unima.

Pada tahun ketiga dilakukan pembibitan modern untuk produksi bibit berkualitas dan fraksinasi untuk meningkatkan kadar PA dalam minyak nilam.

Unima Kembangkan Industri Penyulingan Minyak Nilam
Unima Kembangkan Industri Penyulingan Minyak Nilam (ISTIMEWA)

Kegiatan ini bersinergi dengan mitra untuk mendukung usaha budidaya tanaman nilam yang digalakkan oleh petani dengan binaan Dinas Perdagangan Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara.

Menurut Prof Dr Arrijani, hasil budidaya tanaman nilam akan dilanjutkan dengan penyulingan minyak atsiri yang pihaknya telah temukan dan kembangkan pada kegiatan Ipteks bagi Inovasi dan Kreatifitas Kampus (IbIKK) dalam kampus kepada mitra industri di Kabupaten Minahasa.

"Secara umum mitra industri yang kami pilih telah memiliki aset berupa enam set pabrik penyulingan dengan kapasitas terpasang 750 Kg bahan baku per hari," kata dia, Kamis (17/10/2019).

Ia menambahkan, Jika rerata rendemen sekitar 3% maka prediksi produksi harian mencapai 22,5 Kg minyak nilam atau rerata 675 Kg per bulan.

Halaman
123
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved