CPNS 2019

Wakiran: Sepanjang Memenuhi Syarat Pegawai K1, K2 Maupun K3 Dipersilakan Melamar

"Setiap orang menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) wajib melalui tes, nah itu mandat," kata Kakanreg XI BKN Manado itu, Senin (25/11/2019).

Tribunmanado.co.id/Dewangga Ardhiananta
Wakiran, Kepala Kantor Regional XI BKN Manado, Senin (25/11/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sesuai mandat PP 11 tahun 2017, pengeloaan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan sistem merit yaitu kualifikasi, kompetensi dan kinerja.

Hal itu disampaikan oleh Wakiran selaku Kepala Kantor Regional (Kakanreg) XI Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Kantor BKN tersebut di Jl. A.A. Maramis, Paniki Bawah, Kecamatan Mapanget, Manado, Sulawesi Utara.

"Setiap orang menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) wajib melalui tes, nah itu mandat," kata Kakanreg XI BKN Manado itu, Senin (25/11/2019).

Oleh karena itu, seleksi CPNS bagi yang memenuhi syarat dipersiapkan melamar.

"Baik itu pegawai K1, K2, maupun K3 sepanjang memenuhi persyaratan yang ditentukan diharapkan untuk ikut CPNS 2019," jelasnya.

Ia menambahkan, bukan berdasarkan pengabdiannya sudah berapa lama atau apapun.

"Bukan, tetap harus melalui seleksi tes CPNS baik itu melalui seleksi kompetensi dasar maupun kompetensi bidang," ujar Wakiran.

Kakanreg menjelaskan sudah diatur dalam UU karena itu berkaitan dengan pola karir dan seterusnya mengenai usia pelamar yang tidak memenuhi syarat.

"Ada yang sampai 35 tahun untuk jabatan-jabatan tertentu dan ada yang boleh sampai 40 tahun dokter atau dokter gigi tapi khusus yang spesialis," tambahnya.

Hal itu diperbolehkan karena untuk mencari dokter sulit kemudian jarang untuk formasi dokter spesialis terisi.

"Sebagai syarat seleksi, jadi diperpanjang maksimal sampai 40 tahun usia pelamar untuk dokter gigi spesialis dan dokter spesialis termasuk ada dosen yang pendidikan dosen S3 syarat usia sama seperti formasi dokter spesialis tersebut," pungkasnya. (Ang)

TONTON JUGA :

 Ini Kritik Keras terhadap Presiden Jokowi dan Samakan Prabowo dengan Duterte

 Mobil Dirusak dan Hendak Diserang, Bripka Arik Terpaksa Tembak Warga

Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved