News

Badan Pusat Statistik Kotamobagu Siapkan Sensus Penduduk 2020

Badan Pusat Statistik (BPS) Kotamobagu sementara melakukan persiapan untuk sensus penduduk tahun 2019.

Badan Pusat Statistik Kotamobagu Siapkan Sensus Penduduk 2020
alpen martinus/tribun manado
Badan Pusat Statistik Kotamobagu Siapkan Sensus Penduduk 2020 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Badan Pusat Statistik (BPS) Kotamobagu sementara melakukan persiapan untuk sensus penduduk tahun 2019.

Sensus penduduk memang dilakukan sepuluh tahun sekali, dengan tahun yang berakhiran nol, seperti tahun depan 2020.

Tahun 2020 merupakan sensus ke tujuh. Jika biasanya mereka melakukan sensus sendiri, tahun 2020 akan berbeda, yaitu mereka akan padukan data capil dengan konsep BPS.

"Kami akan ambil data kependudukan dari Disdukcapil, kemudian kami akan cek lapangan, bisa jadi ada penambahan, kemudian nanti akan ditetapkan sebagai data jumlah penduduk, untuk mendukung konsep satu data Presiden RI," Irena Listianawati Kasi Neraca Wilayah dan Analisa Statistik, BPS Kotamobagu, Kamis (14/11/2019).

Ada tiga cara yang akan dipakai untuk melakukan sensus penduduk yaitu computer assisted personal interviewing (Capi), computer aides web interviewing (Cawi), dan pencil and paper interviewing (Papi).

"Tapi untuk Papi digunakan didaerah yang susah signal, sehingga hanya menggunakan kwetaa dan pensil, kemudian discan," jelas dia.

Khusus untuk di Kotamobagu akan menggunakan Cawi, sebab jaringan internet sudah cukup baik, sehingga pencatatan data menggunakan aplikasi android, dan datanya langsung tercatat di data center BPS.

Sementara Capi untuk warga yang sibuk, dan susah ditemui di rumah, bisa melakukan pengisan sendiri data melalui aplikasi sesuai link yang diberikan oleh petugas BPS saat bertemu di mana saja.

Tahapan saat ini sementara dalam proses sosialisasi di instansi pemerintahan dan stakeholer, kecamatan, desa, kelurahan.

Sedangkan petugas sensus baru akan direkrut sekitar tiga bulan sebelum dilakukan sensus penduduk 2020.

"Pelaksanaan sensus penduduk akan kita laksanakan pada Juni 2020," jelasnya.

Beberapa data yang akan diminta dalam sensus penduduk di antaranya data penduduk, data pekerjaan, pendidikan, suku, migrasi, demografi, dan lainnya.

"Kami berharap semua pihak dapat membantu, termasuk warga yang akan disensus, agar membantu memberikan data yang diminta, karena ini terkait data kependudukan," jelas dia.(amg)

BERITA TERPOPULER :

 7 Pria di Dunia yang Berubah Jadi Wanita Cantik, Nomor 5 Mirip Gisella Anastasia?

 Motif Pelaku Bom Bunuh Diri di Polres Medan, Marah pada Menag, Kematian Pemimpin ISIS jadi Penyebab

TONTON JUGA :

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved