News

Kurangi RTLH, Pemerintah Bantu 30 Unit Rumah di Desa Liningaan

Pemerintah pusat terus berupaya mengurangi rumah tidak layak huni (RTLH) di seluruh tanah air. Program mengurangi RTLH oleh pemerintah pusat.

Kurangi RTLH, Pemerintah Bantu 30 Unit Rumah di Desa Liningaan
Istimewa
Pelaksanaan program BSPS di Desa Liningaan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah pusat terus berupaya mengurangi rumah tidak layak huni (RTLH) di seluruh tanah air. Program mengurangi RTLH oleh pemerintah pusat kemudian dinamakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Program ini dikelola oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia. Khusus di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), BSPS ini menyasar 30 kepala keluarga yang ada di Desa Liningaan, Kecamatan Maesaan.

Hukumtua Desa Liningaan Meike Rantung, Kamis (14/11/2019) mengatakan bahwa masing-masing rumah didanai sebesar Rp17.500.000 per unit. Perincian Rp 15.000.000 dalam bentuk bahan bangunan dan Rp 2.500.000 dalam bentuk uang tunai melalui pencairan di bank.

Dana Rp 2.500.000 akan digunakan untuk membayar tukang selama proses pengerjaan rumah. Meike Rantung berterima kasih atas bantuan BSPS yang masuk ke desanya.

Menurut dia dengan adanya bantuan itu akan ada peningkatan perumahan layak huni bagi masyarakatnya.

"Terimakasih kepada Pemkab Minsel, Pemprov Sulut dan pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian PUPR. Bantuan ini sangat dirasakan oleh masyarakat untuk mewujudkan mendapatkan rumah layak huni," ujarnya.

Dikutip dari website Kementrian PUPR, BSPS atau yang dikenal dengan istilah bedah rumah, dalam kurun 4 tahun (2015-2018) telah meningkatkan menjadi rumah layak huni sebanyak 494.169 unit.

Tahun 2019, program BSPS ditargetkan dapat menjangkau sebanyak 206.500 unit rumah tidak layak huni melalui dua kegiatan yakni peningkatan kualitas rumah sebanyak 198.500 unit dan pembangunan baru 8.000 unit. Total anggaran program rumah swadaya dalam APBN 2019 sebesar Rp 4,28 Triliun.

BERITA TERPOPULER :

 7 Pria di Dunia yang Berubah Jadi Wanita Cantik, Nomor 5 Mirip Gisella Anastasia?

 Motif Pelaku Bom Bunuh Diri di Polres Medan, Marah pada Menag, Kematian Pemimpin ISIS jadi Penyebab

TONTON JUGA :

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved