Gempa Bumi

Terjadi Gempa Dengan Kekuatan 5,9, Lima Orang Korban Meninggal Dunia, Ada Lima Kali Gempa Susulan

Telah terjadi gempa dengan kekuatan 5,9. Karena gempa ini ada lima orang korban dikabarkan meninggal dunia.

Tribun Timur
Ilustrasi - Gempa bumi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Telah terjadi gempa dengan kekuatan 5,9. Karena gempa ini ada lima orang korban dikabarkan meninggal dunia.

Gempa berkekuatan 5,9 ini mengguncang kawasan barat laut Iran.

Pusat seismologi setempat mengemukakan, gempa itu berada sekitar 120 km sebelah tenggara Tabriz, kota di Provinsi Azerbaijan Timur.

Digambarkan berkekuatan "sedang", pusat gempa itu berada di kedalaman delapan kilometer, dan diikuti oleh lima gempa susulan.

Gubernur Azerbaijan Timur, Mohammad-Reza Pourmohammadi mengatakan selain lima orang tewas dan 120 terluka, 30 rumah juga hancur.

Dilansir AFP Jumat (8/11/2019), tim penyelamat dikerahkan setidaknya ke 41 titik desa dan kota. Namun kerusakannya terkonsentrasi di dua wilayah.

Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) mengeluarkan peringatan akan adanya korban tambahan, dengan tingkat kerusakan yang menyebar.

Iran berlokasi di dua lempeng tektonik utama, dan menderita karena tertimpa sejumlah gempa besar selama beberapa dekade.

Salah satunya adalah kota kuno di Bam yang hancur karena gempa dahsyat yang terjadi pada 2003 silam, dan membunuh hingga 31.000 orang.

Pada 1990, gempa 7,4 menghantam kawasan utara dan menewaskan 40.000 orang, melukai 300.000, dan membuat puluhan kota dan 2.000 desa luluh lantak.

Adapun dalam 14 tahun terakhir, Iran sudah mengalami dua gempa besar. Yakni satu pada 2005 yang menewaskan 600 orang. Satunya terjadi di 2012 dengan 300 orang tewas. (*)

TAUTANAWALKOMPAS.COM

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved