Berita Mitra

Pemkab Gelar Apel Peringatan Bulan Bhakti PRB Berbasis Ekosistem dan Investasi

emperingati Hari Bulan Bhakti Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang berbasis Ekosistem dan Investasi.

Pemkab Gelar Apel Peringatan Bulan Bhakti PRB Berbasis Ekosistem dan Investasi
TRIBUN MANADO/GIOLANO SETIAY
Jani Rolos 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Memperingati Hari Bulan Bhakti Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang berbasis Ekosistem dan Investasi.

Diperingatkan langsung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) saat melangsungkan apel pada hari ini, Jumat (08/11/2019) di halaman Pemkab Mitra, Sulawesi Utara.

Mewakili Bupati James Sumendap SH yang diwakili langsung oleh Asisten I Jani Rolos.

Dalam arahannya yang dibuka dengan peraturan UU nomor 24 Tahun 2007, yakni mengamanatkan setiap orang yang senantiasa turut serta melakukan penanggulangan kepada komunitasnya.

“Kesempatan ini, merupakan salah satu perwujudan dari amanat yang tercantum.

"Karena bertepatan dengan Bulan Bhakti Pengurangan Risiko Bencana yang dilaksanakan setiap tahun bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, untuk itu dalam meningkatkan kebersamaan dalam menjaga situasi yang ada, Pemkab memberikan imbauan langsung," tutur Rolos.

Lanjut dirinya mengatakan, PRB merupakan kegiatan nasional untuk mengembangkan dan menetapkan kebijakan strategis dan tindakan yang ada, semua bisa mencegah dan meminimalisir dampak saat terjadi bencana nantinya.

“Selain korban jiwa, kerusakan harta benda, aset dan sebagainya bisa jadi antisipasi bersama,” terangnya.

Lebih lanjut dituturkan, Kabupaten Mitra mempunyai letak wilayah sangat extreme yakni berbukit dan bergunung. Sehingga potensi pada timbulnya bencana seperti tanah longsor, banjir dan gempa bumi bisa mendapati dampak yang besar.

“Dengan berbagai potensi bencana tersebut, maka pemerintah perlu meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana agar dampak dari bencana bisa dikurangi,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Giolano Setiay
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved