Bisnis dan Keuangan

BRI Kanwil Manado Latih 100 UMKM Sulut Agar Naik Kelas

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanwil Manado turut melaksanakan Program Pelatihan 10.000 UMKM yang digelar di seluruh Nusantara

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: David_Kusuma
Tribun Manado / Fernando Lumowa
Pelatihan 10.000 UMKM oleh BRI yang diikuti 100 pelaku UMKM di Swiss Belhotel Maleosan Manado, Kamis (07/11/2019). 

BRI Kanwil Manado Latih 100 UMKM Sulut Agar Naik Kelas

TRIBUNMANADO.CO.ID - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanwil Manado turut melaksanakan Program Pelatihan 10.000 UMKM yang digelar di seluruh Nusantara.

BRI Kanwil Manado menggelar pelatihan bagi 100 pelaku UMKM dari Manado dan sekitarnya di Swiss Belhotel Maleosan Manado, Kamis (07/11/2019).

Pelatihan ini merupakan program CSR BRI Peduli, dimana, BRI menggelar pelatihan kepada 10.000 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam program tersebut, UMKM mendapatkan pelatihan terkait administrasi dan manajemen keuangan, pelatihan terkait e-commerce, akses informasi terhadap permodalan, hingga info pasar.

Meriahkan Manado Fiesta 2019, BRI Kanwil Manado Luncurkan Brizzi Edisi Khusus

BRI membekali peserta dengan berbagai keahlian dan pengetahuan. Mulai dari sistem pembukuan secara sederhana.

"Kebanyakan UMKM di Indonesia belum menerapkan pembukuan keuangan disiplin. Di situ nilai minusnya," ujar Pengganti Sementara Pinwil BRI Manado, Made Surya Artana.

BRI juga memperkenalkan akses permodalan. Dimana, BRI sebagai bank paling berpengalaman di sektor mikro bisa menjadi solusi permodalan pelaku UMKM.

Lalu, peserta juga dibekali oleh Tokopedia terkait bagaimana memanfaatkan internet, media sosial untuk memasarkan produk.

"BRI mendorong seluruh mitra binaan bisa memiliki 'marketplace'. Bagaimana mereka bisa memasarkan produk tak menunggu tapi aktif dari rumah, menggunakan smartphone," kata Made.

SMK Salongo Teken Kerja Sama dengan Bank SulutGo, Siswa Bisa Bayar Iuran Melalui ATM

Ada pula sesi kisah sukses menjadi wirausahawan yang dibawakan Urief Hassan, pengusaha bidang properti, jasa transportasi, kuliner dan pertanian.

Urief bilang, untuk sukses, diperlukan tiga modal, yakni kemauan dan kerja keras, kepercayaan dan perilaku positif.

Made menambahkan, pelatihan ini diselenggarakan di 100 lokasi dengan masing-masing 100 peserta. Pelatihan ini diselenggarakan BRI untuk meningkatkan kapabilitas UMKM untuk 'go modern,' :go digital,' 'go online' dan 'go global.'

INFO Gempa Bumi, Terjadi Hari Ini Kamis 7 November 2019, Kekuatan 4.8 Magnitudo, Terasa di Sulut

Katanya, pelatihan 10.000 UMKM ini merupakan salah satu program CSR BRI yang digelar dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun BRI ke-124 Tahun yang jatuh pada 16 Desember 2019 mendatang.

Program CSR lain yang digelar BRI diantaranya pembangunan perbaikan 200 rumah tidak layak huni, program padat karya 50 lokasi serta konservasi kawasan sungai di 19 wilayah.

Melalui berbagai program CSR yang digelar dalam rangka HUT ke-124, BRI menunjukkan komitmen menjalankan peran sebagai 'agent of development' sehingga kehadirannya semakin memberikan kontribusi yang lebih besar pada ekonomi kerakyatan.(ndo)

Ini Balasan Menohok Surya Paloh soal Sindiran Presiden Jokowi Karena Sikap Politik Nasdem Sekarang

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved