Cegah Demam Berdarah Dengue, Galakan 3M Plus

Perubahan musim atau pancaroba, dari musim panas ke penghujan rawan muncul penyakit demam berbarah.

Cegah Demam Berdarah Dengue, Galakan 3M Plus
christian wayongkere/tribun manado
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Frangky Soriton. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Perubahan musim atau pancaroba, dari musim panas ke penghujan rawan muncul penyakit demam berbarah.

Di Rumah sakit Manembo-Nembo Tipe C Bitung, dari hasil pengecekan terdapat satu pasien oleh dokter di diagnosa Demam berdarah Dengue (DBD).

Menurut dr Piter Lumingkewas direktur rumah sakit, pasien tersebut masuk dan di rawat pada pekan lalu saat mulai terjadi musim penghujan.

Dia menambahkan dari statistik DBD meningkat di musim penghujan, untuk itulah rumah sakit lebih ke tindakan kuratif atau pengobatan.

DBD banyak menyerah anak-anak kecil.

"Maka dari itu di RS kami ada empat orang dokter spesialis anak sehingga siap ketika menangani kasus DBD," kata Piter Senin (4/11/2019).

Terkait dengan ancaman penyakit DBD yang berpotensi terjadi di musim pancaroba, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Frangky Soritong mengatakan, yang terpenting adalah kebersihan lingkungan.

Dia menilai disaat mulai masuk musim penghujan dengan itensitas curah hujan meningkat, berpeluang ada air terperangkap tergenang.

"Nah itu akan jadi tempat perindukan nyamuk, untuk itulah jaga kebersihan lingkungan khususnya halaman dan sekitar rumah," jelas Soriton kepada Tribunmanado.co.id, Selasa (5/11/2019).

Selain itu kata dia pencegahan DBD adalah 3 M plus, menguras, menutup, menyinkirkan atau mendaur ulang. Cara ini‎ tetap di galakkan, karena sampai sekarang belum ada cara lain untuk penanggulangan DBD.(crz)‎

 Ahok jadi Dewan Pengawas, Perppu KPK Batal Ditetapkan Jokowi, Pengamat: 5 Nyawa Hilang

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved