Kejaksaan Negeri Tomohon Giat Telusuri Badan Usaha Tidak Patuh  

BPJS Kesehatan yang merupakan Badan Hukum Publik, kembali melakukan kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Tomohon

Kejaksaan Negeri Tomohon Giat Telusuri Badan Usaha Tidak Patuh  
istimewa
Kejaksaan Negeri Tomohon Giat Telusuri Badan Usaha Tidak Patuh   

TRIBUNMANADO.CO.ID, Tomohon -  BPJS Kesehatan yang merupakan Badan Hukum Publik, kembali melakukan kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Tomohon dalam rangka penegakan kepatuhan dan pengawasan bagi Badan Usaha di wilayah Kota Tomohon.

Kerjasama ini kembali dilakukan untuk mengoptimalkan pendapatan iuran dari peserta program JKN-KIS.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tondano Doni Jembar Saefuddin, untuk tahun 2018 tercatat ada enam Surat Kuasa Khusus (SKK) yang telah diproses oleh tim kejaksaan negeri tomohon dan lima SKK yang sudah terselesaikan.

Doni juga menyampaikan bahwa program ini telah diatur oleh pemerintah melalui peraturan presiden nomor 82 tahun 2018 yaitu tentang pemberi kerja atau pekerja penerima upah wajib mendaftarkan seluruh karyawannya.

Dari keseluruhan surat kuasa khusus yang telah beredar ke badan usaha diketahui bahwa beberapa badan usaha tersebut belum melakukan registrasi, belum mendaftarkan karyawannya secara keseluruhan bahkan ada juga badan usaha yang iurannya menunggak.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Edy Winarko menuturkan kiranya dengan terjalinnya kerja sama dan koordinasi antara BPJS Kesehatan dan Kejaksaan Negeri Tomohon  dapat membuat semua tugas dan tanggung jawab kedua belah pihak terpenuhi dengan baik dan optimal.

“Kami juga akan membantu BPJS Kesehatan Cabang Tondano dalam optimalisasi implementasi program JKN-KIS juga memfasilitasi dalam menyampaikan program ini melalui forum forum yang merupakan wadah komunikasi daerah,” ungkap Edy. 

Ia berharap kiranya kerja sama ini dapat terjalin terus sehingga peserta JKN-KIS dapat merasakan manfaat dari program pemerintah tersebut.

Lebih lanjut Edy juga menyampaikan harapannya. “Kami juga berharap kiranya hasil kerja yang telah dijalankan selama tahun 2018 akan menjadi motivasi bagi tim kami untuk lebih baik lagi dalam melakukan penyusuran terhadap badan usaha yang masih kurang patuh dalam menjalankan program pemerintah ini,” ungkap Edy.

Menutup percakapan Edy menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin sehingga Kejaksaan Negeri Tomohon  yang telah membantu dan mendukung untuk melakukan penelusuran terhadap badan usaha yang belum patuh. (ap/iu)

Editor: Enjelita Sandra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved