News

Tim Penilai Kabupaten Sehat Apresiasi Program Rp 7 Juta Untuk Dana Duka

Salah satu yang menadapat apresiasi saat penilaian baru-baru ini, yakni pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mitra.

Tim Penilai Kabupaten Sehat Apresiasi Program Rp 7 Juta Untuk Dana Duka
gio/tribun manado
Tim Penilai Kabupaten Sehat Apresiasi Program Rp 7 Juta Untuk Dana Duka 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Indikator-indikator penilaian di Kabupaten Sehat, Minahasa Tenggara (Mitra) Tuai Apresiasi. Hal ini dilontarkan langsung oleh Aris Munandar selaku tim penilai Kabupaten sehat tahun 2019.

Perkembangan kabupaten yang signifikan dinilai sudah maksimal terutama masalah pelayanan yang terus ditingkatkan oleh pemeirntah kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) di bawah pimpinan Bupati James Sumendap.

Sempat menyabet penghargaan sebagai salah satu kabupaten sehat pada tahun 2017 lalu. Saat ini Pemkab sendiri terus optimis menyabet lagi gelar tersebut.

Salah satu yang menadapat apresiasi saat penilaian baru-baru ini, yakni pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mitra.

Saat disambangi tim penilai, para tim sempat dibuat kagum dengan semua program kreatif Disdukcapil terkait masalah pelayanan yang ada.

"Memang trobosan ini, perlu kita apresiasi. Salah satunya dengan adanya program 7 Juta bagi masyarakat yang berduka. Program ini, memang nyatanya baru akan diterapkan diseluruh daerah di Sulawesi Utara. Bagusnya di Minahasa Tenggara sendiri sudah dijalankan program tersebut. Memang sangat luar biasa," ungkap Aris Munandar Ketua Tim penilai dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 

Selain itu, tim penilai mengapresiasi juga kesiapan dari Pemkab sendiri yang mengetahui adanya penilaian Kabupaten Sehat 2019. "Sangat saya apresiasi juga atas kesiapan yang begitu maksimal dari pihak Pemkab untuk menyambut kami para tim penilai kali ini," tukasnya lagi.

Apresiasi juga kembali dilontarkan Kepala Dinas (Disdukcapil) Mitra Elly Sangian saat dikonfirmasi lagi hari ini (13/10).

"Apresiasi juga saya ungkapkan untuk para tim penilai yang sudah datang dan melihat langsung seperti apa proses pelayanan di Disdukcapil kita. Kiranya kinerja ini, bisa terus kami tingkatkan untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat dan bisa menjadi poin tambahan dalam kualifikasi Kabupaten Sehat tahun ini," tutur Sangian.

Kesempatan ini diketahui ada beberapa indikator penilaian pada tahapan ini. Dan Disdukcapil yang menjadi percontohan kantor sehat dan sekaligus memaparkan segala kesiapan perkantoran dan pelayanan seperti Ketersediaan Belanko yang tercukupi, masalah pelayanan yang harus ditingkatkan lagi,
ketersediaan unit sarana prasarana untuk menunjang peninjauan ke setiap kecamatan dan dana duka Rp 7 Juta yang diminta untuk terus dikembangkan lagi karena dinilai sebagi inovasi baru bagi Minahasa Tenggara yang patut diapresiasi pemeirntah pusat.

Halaman
12
Penulis: Giolano Setiay
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved