Meningkatkan Transaksi Uang Elektronik

Bisnis uang elektronik semakin berkembang. Transaksi non cash ini semakin diminati masyarakat. Untuk meningkatkan kinerja para pemain bisnis

Meningkatkan Transaksi Uang Elektronik
shutterstock.com
Fintech 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bisnis uang elektronik semakin berkembang. Transaksi non cash ini semakin diminati masyarakat. Untuk meningkatkan kinerja para pemain bisnis transaksi pembayaran ini juga gencar menggandeng pemain lain di luar bisnis mereka. Dengan harapan, nilai transaksi menggunakan uang elektronik para pemain ini bisa meningkat.

Misalnya saja dua pemain bisnis ini Dana dan GoPay yang bekerjasama dengan Samsung Electronics Indonesia. Produsen smartphone ini mengeluarkan aplikasi Samsung Pay.

Lewat aplikasi ini, pengguna Samsung bisa menggunakan kedua layanan pembayaran digital ini. Artinya, Samsung Pay bukanlah uang atau dompet elektronik, tapi hanya bertindak sebagai agregator uang elektronik yang memungkinkan pengguna mengakses banyak uang elektronik dalam satu aplikasi. Pengguna bisa melakukan pembayaran dengan metode quick response (QR) code.

Marketing Sales CTRA Rp 4,8 Triliun, NPF Fintech Ikut Merangkak Naik

Budi Gandasoebrata, Managing Director GoPay turut menyampaikan, GoPay dengan Samsung Pay akan mempermudah dan menyederhanakan pengalaman pengguna dalam bertransaksi di ratusan ribu rekan usaha mereka.

Chief Executive Officer DANA Vincent Iswara, menyampaikan kolaborasi ini bisa meningkatkan kesadaran pengguna Samsung untuk menggunakan uang elektronik terutama Dana. Per Juni 2019, pengguna Dana sudah mencapai 20 juta.

"Samsung Pay ini benar-benar kolaborasi sehingga tidak ada monitisasi. Ini sebagai kemudahan bagi pelanggan Samsung. Ini hanya untuk sistem pembayaran saja," ujar Vincent. Ia juga menyatakan akan terus menggandeng lebih banyak lagi perusahaan lain untuk meningkatkan pembayaran.

Kerjasama dengan perusahaan lain memang bisa meningkatkan transaksi. Hal ini sudah terlihat apa yang dilakukan oleh Ovo, sehingga menurut data Bank Indonesia, perusahaan ini menjadi pemimpin pasar di uang elektronik.

Ovo muncul dengan menggandeng dua perusahaan besar di bidang belanja online Tokopedia dan perusahaan tranportasi online Grab. Ovo resmi menjadi dompet digital kedua perusahaan tersebut.      

PAN soal Twit Hanum Rais: Belum Tentu untuk Wiranto

Nilai Transaksi Kartu GPN Naik 21,39%

Bank Indonesia (BI)  mencatat transaksi kartu debit berlogo gerbang pembayaran nasional (GPN) terus naik. Sejalan dengan distribusi kartu yang juga terus bertambah.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved