News

Perdana di Bolsel, Pemilihan BPD Akan Pakai Sistem Coblos

Disebutkannya, Pemilihan anggota BPD secara langsung (sistem coblos) digelar serentak di 81 desa se-Bolsel pada 30 Oktober 2019 mendatang.

Perdana di Bolsel, Pemilihan BPD Akan Pakai Sistem Coblos
Istimewa
Perdana di Bolsel, Pemilihan BPD Akan Pakai Sistem Coblos 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melalui Bidang Pemerintah Desa (Pemdes) menggelar rapat kerja (raker) evaluasi tahapan penjaringan dan penyaringan calon anggota Badan Permusyawaratan Desa se-Kabupaten Bolsel, di Aula Kantor Kecamatan Bolaang Uki.

Dari rilis yang diterima Tribun Manado, Jumat (11/10/2019) Peserta raker terdiri dari Kepala Desa (Sangadi), Ketua Panitia Pemilihan dan Sekretaris Panitia Pemilihan dari 81 desa se-Bolsel atau sebanyak 230 orang.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten I, Ramli Abdul Majid.

Dalam sambutannya, Asisten Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat ini berharap proses pelaksanaan Pemilihan Anggota BPD di 81 desa berlangsung aman, tertib dan sukses.

Kita berharap panitia dan pemerintah desa pro-aktif dan menjaga netralitas.

"Ini pemilihan secara langsung (sistem coblos) yang perdana diterapkan untuk pemilihan anggota BPD di Bolsel. Jadi kita berharap ini bisa sukses," kata Mantan Kepala Dinas Pendidikan Bolsel ini.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemdes Dinas PMD Bolsel, Suprin Mohulaingo mengatakan, sesuai hasil evaluasi yang telah dilaksanakan, terdapat beberapa desa yang pesertanya (calon) belum cukup kuota.

"Contoh Desa Popodu, Kecamatan Bolaang Uki. Jumlah kursi anggota BPD sebanyak 7 kursi. Tapi, sampai hari ini calon yang mendaftar baru 4 orang," kata Mantan Camat Tomini ini.

Dikatakannya, sesuai mekanisme desa yang mengalami kendala seperti itu masa pendaftarannya diperpanjang.

"Sampai sehari sebelum pemilihan baru kemudian pendaftaran ditutup. Kita berharap, bagi desa-desa yang mengalami kendala seperti itu, sampai batas waktu yang ditentukan jumlah peserta calon yang mendaftar bisa memenuhi syarat," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved