Sulawesi Utara

Gelar Rapat Koordinasi Peningkatan Toleransi Antarumat Beragama, Ini Kata Wagub!

Gelar Rapat Koordinasi Peningkatan Toleransi Antarumat Beragama, Ini Kata Wagub!

Gelar Rapat Koordinasi Peningkatan Toleransi Antarumat Beragama, Ini Kata Wagub!
TRIBUN MANADO/FERDINAND RANTI
Gelar Rapat Koordinasi Peningkatan Toleransi Antarumat Beragama, Ini Kata Wagub! 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara Dr H Abdul Rasyid MAg menghadiri dan memberikan materi pada kegiatan Rapat Koordinasi Peningkatan Toleransi Antarumat Beragama di Grand Kawanua Novotel, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (03/10/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven OE Kandouw didampingi Deputi Kemenko PMK dan Kabiro Kesra Sulut.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemprov Sulut ini mengambil tema: "Merawat Budaya Damai di Sulawesi Utara Karena Torang Samua Ciptaan Tuhan".

Materi yang dibawakan oleh Kakanwil adalah Peranan Kementerian Agama Memelihara Kerukunan di Provinsi Sulawesi Utara.

"Diharapkan untuk tidak berlebih-lebihan dalam beragama sehingga tidak jatuh pada sikap radikalisme dan fanatisme sempit yang menganggap agama sendiri paling benar dan menyalahkan agama orang lain," kata Kakanwil.

Menurut Deputi Kemenko PMK Prof Dr Agus Saptono, toleransi harus dimulai dari keluarga masing-masing karena sebuah negara akan menjadi negara yang damai dan bertoleransi jika keluarga-keluarga sebagai sel terkecil dari masyarakat dalam negara itu sudah ditanamkan nilai-nilai toleransi, kerukunan, kasih sayang dan damai dalam keluarga.

Sedangkan menurut Wakil Gubernur Sulawesi Utara, potensi radikalisme dan fundamentalisme ada dalam semua agama, oleh karena itu harus diantisipasi oleh segenap pihak.

"Salah satu keistimewaan Sulawesi Utara untuk merawat kerukunan adalah adanya Badan Kerjasama Antara Umat Beragama (BKSAUA) sebagai wadah khas Sulawesi Utara untuk membangun kerukunan dan harmoni antarumat bergama di samping ada FKUB dan wadah lainnya," kata Wagub.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara, urusan IAIN Manado, IAKN Manado, Pengurus FKUB Provinsi dan Kabupaten/Kota, MUI, BKSUA. Jumlah total peserta yang hadir sebanyak 100 orang.

(Tribunmanado.co.id/Ferdinand Ranti)

BERITA TERPOPULER :

Baca: Betran yang Ikut Lari Keliling Lapangan Ceritakan Detik-detik Meninggalnya Fanly

Baca: Cut Meyriska & Roger Danuarta Dapat Kritikan Pedas, Kepergok Ciuman Saat Bulan Madu di Thailand

Baca: Cerita Sulemi, Anggota Cakrabirawa Penjemput AH Nasution saat G30S PKI: Saya Katakan Sesuai Lihat

TONTON JUGA :

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved