Berita Pendidikan

Pemilihan Ketua OSIM Gunakan e-Voting

‎Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTs Negeri 1 Kotamobagu, menggunakan sistem e-Voting.

Pemilihan Ketua OSIM Gunakan e-Voting
ISTIMEWA
Pemilihan Ketua OSIM Gunakan e-Voting 

TRIBUNMANADO.CO.ID - ‎Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTs Negeri 1 Kotamobagu, Sulawesi Utara, tahun pelajaran 2019-2020 menggunakan sistem e-Voting.

‎Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM MTs Negeri 1 Kotamobagu diikuti oleh 695 siswa Madrasah dan jumlah calon Ketua dan Wakil Ketua OSIM sebanyak 3 pasang.

Semuanya merupakan siswa kelas VIII‎ berlangsung selama waktu proses kegiatan belajar mengajar.

"Proses pemilihan tersebut membutuhkan waktu paling lama lima menit, mulai dari menunggu di tempat tunggu, mengisi absensi hadir, waktu giliran panggil, pemilihan, hingga mencelupkan tinta telah memilih.

"Masa pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM MTs Negeri 1 Kotamobagu dilakukan dari pekan lalu, mulai dari penjaringan calon ketua OSIM, sosialiasi ke masing-masing kelas, hingga kampanye calon Ketua dan Wakil Ketua OSIM," jelas Kepala Madrasah Intan Safitri Mokodompit SPd, Kamis (12/09/2019).

Menurut dia, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM dengan cara e-voting erat kaitan dengan era sekarang ini, siswa dituntut memanfaatkan teknologi, salah satunya mengembangkan aplikasi pemanfaatannya, setiap siswa memiliki satu kesempatan untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIM selanjutnya dengan cara memasukkan nomor induk siswa (NIS) di piranti laptop yang berada di balik kotak pemungutan suara.

"Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM MTs Negeri 1 Kotamobagu Pakai Sistem E-Voting, Siswa Hanya Tinggal Klik, keunggulan pemilihan menggunakan sistem e-voting, salah satunya meningkatkan sikap demokrasi pada siswa dan aplikasi tersebut meminimalisir kecurangan siswa.

"Tidak ada rekapitulasi berbelit-belit, hasil pun bisa dilihat langsung. Yang pastinya menekan penggunaan kertas," katanya.

‎Pada tahun ini, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM MTs Negeri 1 Kotamobagu, menggunakan sistem e-evoting atau berbasis online, sehingga tidak menggunakan kertas untuk menghimpun suara siswa serta dapat menghindari Kecurangan saat memilih menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi e-voting yang digunakan untuk proses pengumpulan suara ini, berbasis pemrogramman PHP, jadi siswa tidak perlu mencoblos calon Ketua dan Wakil Ketua OSIM pilihan masing-masing seperti menggunakan kertas, tetapi cukup dengan cara klik.

Halaman
12
Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved