Kementerian Indonesia

Jelang Masa Tugas Pemerintahan 2014-2019 Berakhir, 3 Menteri Jokowi Katakan Pamit, Siapa Saja?

Peresmian untuk kabinet baru akan dimulai pada 20 Oktober 2019, 3 menteri Jokoei pamitan, siapa saja?

Jelang Masa Tugas Pemerintahan 2014-2019 Berakhir, 3 Menteri Jokowi Katakan Pamit, Siapa Saja?
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Jusuf Kalla (kanan) memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jelang berakhirnya periode pemerintahan 2014-2019 Jokowi-JK, sejumlah menteri Kabinet Kerja menyampaikan pesan terakhir.

Peresmian untuk kabinet baru akan dimulai pada 20 Oktober 2019.

Akan tetapi, belum bisa dipastikan apakah pamitnya menteri-menteri Jokowi ini menjadi sinyal bahwa mereka akan tersingkir dari Kabinet Kerja pada periode kedua pemerintahan Jokowi atau tidak.

Pertama dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang berpamitan kepada para pegawainya.

Menkopolkam Wiranto berada di jajaran kiri sedang ngobrol dengan Luhut Panjaitan, sedangkan Oesman Sapta Odang berdiri paling kanan, saat pelantikan menteri baru kabinet Jokowi, Rabu (17/1/2018)
Menkopolkam Wiranto berada di jajaran kiri sedang ngobrol dengan Luhut Panjaitan, sedangkan Oesman Sapta Odang berdiri paling kanan, saat pelantikan menteri baru kabinet Jokowi, Rabu (17/1/2018) (Tribunnews.com/Imanuel Nicolas)

Tjahjo pamit setelah melantik pejabat di lingkungan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Kamis (15/8/2019).

"Saya mohon maaf selama hampir 5 tahun kurang 1,5 bulan ini ada hal-hal yang kurang berkenan, berbagai sikap, pernyataan, kebijakan," kata Tjahjo dalam sambutannya.

"Ini pamitan saya resmi. Mungkin tidak bisa bertemu karena akan selesainya masa tugas Kabinet Kerja 1. Untuk selanjutnya, mari kita tunggu tanggal mainnya, bagaimana komposisi kabinet berikutnya," kata dia.

Tjahjo Kumolo
Tjahjo Kumolo (ISTIMEWA)

Tjahjo mengaku memegang prinsip TNI dalam menjalani hidupnya, yakni taat instruksi.

Dengan demikian, apabila tidak dipercaya lagi mengemban amanah untuk menjadi menteri pada kabinet berikutnya, Tjahjo mengaku siap. 

"Saya berpegang pada prinsip TNI. Taat instruksi. Dipensiunkan siap, diberi tugas siap, tidak diberi tugas, saya tetap mendukung pemerintahan yang saya dukung ini," kata dia. 

Baca: Menteri Susi Meminta Maaf, Akui Dirinya Tengil !

Baca: Jelang Pelantikan, Deretan Nama Terbaru Calon Menteri Jokowi Menguat, Ahok dan AHY Masuk

Baca: Relawan Sodorkan 6 Nama Menteri di Kabinet Jokowi-Maaruf, Seleksi dari 33 Figur

Halaman
1234
Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved