News

Wagub Bagi Tips ke DPRD Minahasa, Jadi Anggota Dewan Jangan Hanya Diam

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw berkesempatan membagi tips dan pengalaman di hadapan 35 Anggota DPRD Minahasa yang baru dilantik.

Wagub Bagi Tips ke DPRD Minahasa, Jadi Anggota Dewan Jangan Hanya Diam
Istimewa
Wagub Bagi Tips ke DPRD Minahasa, Jadi Anggota Dewan Jangan Hanya Diam 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw berkesempatan membagi tips dan pengalaman di hadapan 35 Anggota DPRD Minahasa yang baru dilantik.

Hal itu disampaikan Wagub Kandouw saat menghadiri pelantikan anggota DPRD Minahasa Periode 2019-2024, di Gedung Wale Ne Tou, Tondano, Senin (9/9/2019

Wagub sebelum mendampingi Gubernur Olly Dondokambey menjabat Ketua DPRD Sulut Periode 2014-2019 sebelum akhirnya mundur.

Pernah menjabat pula Ketua Komisi II DPRD Sulut periode 2009-2014. Ia sudah berada di DPRD Sulut sejak Periode 2004-2009.

Ia mengingatkan kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Minahasa yang baru dilantik dapat melakukan kewajibannya secara optimal.

“Hak dan kewajiban ini pararel. Gubernur mengingatkan supaya ada di mindset kita bahwa hak dan kewajiban paralel. Jangan selalu yang diutamakan hak. Sementara kewajiban tidak. Harus sesuai sumpah," ujarnya. 

Tupoksi DPRD harus tahu. Kewajibannya dalam aspek legislasi, budgeting dan pengawasan.

"Ini tak boleh dilihat satu persatu. Tapi harus persatuan karena muaranya demi memuluskan jalannya pemerintahan, menciptakan kesejahteraan masyarakat,” kata Wagub.

Peran DPRD bukan untuk merongrong jalannya pemerintahan. Legislatif ini, menurut Wagub adalah satu pilar jalannya pemerintahan.

“Aneh rasanya kalau ada legislatif yang merongrong dan memboikot. Harapan dan optimistis yang baru dilantik 5 tahun ke depan mempunyai output dan out come dan bahkan Perda yang jelas. Tak hanya Perda rutin, tapi Perda inisiatif,” bebernya.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved