News

Mayor Caucus 2019 di Bogor, Mor Bastian Ikut Diskusi Tantangan Perkotaan

"Tantangan-tantangan yang semakin kompleks menuntut pelaku pembangunan untuk menyesuaikan diri dan menyusun strategi-strategi baru."

Mayor Caucus 2019 di Bogor, Mor Bastian Ikut Diskusi Tantangan Perkotaan
ISTIMEWA
DISKUSI - Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan berbicara dalam diskusi Mayor Caucus 2019 dan Kongres Internasional Perencanaan Wilayah dan Kota/ISOCARP World Planing Congress 2019 ke-55 di Balai Kota Bogor, Senin (9/9/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Wakil Wali Kota Manado Mor D Bastiaan menghadiri undangan Pengurus Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dalam acara Mayor Caucus 2019 dan Kongres Internasional Perencanaan Wilayah dan Kota/ISOCARP World Planing Congress 2019 ke-55 di Balai Kota Bogor, Senin (9/9/2019).

Dalam rilis Pemerintah Kota Manado kepada Tribun Manado, Bastiaan mengatakan, Mayor Caucus 2019 merupakan pertemuan seluruh wali kota di Indonesia yang bertujuan mendiskusikan implemen tujuan ke-11 SDG’s yaitu menjadikan kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari acara kongres ke-55 perencanaan kota sedunia yang bertemakan ‘Beyond The Metropolis’ yang dilaksanakan dari tanggal 9-13 September 2019 di Hotel Borobudur Jakarta.

Kata Bastiaan, dinamika pembangunan terus berubah sesuai dengan kemajuan peradaban manusia.

"Tantangan-tantangan yang semakin kompleks menuntut pelaku pembangunan untuk menyesuaikan diri dan menyusun strategi-strategi baru yang relevan dengan isu yang dihadapi serta mampu menjamin keberlanjutan bagi generasi mendatang," katanya.

Ia mengatakan, tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau dikenal dengan sustainable development goals (SDGs) hadir sebagai sebuah paradigma yang menawarkan pembangunan yang komprehensif dan holistik untuk setiap dimensi kehidupan, yang tidak hanya mendahulukan kepentingan ekonomi, melainkan juga memberi ruang untuk terciptanya kohesivitas sosial dan keberlanjutan lingkungan.

"Salah satu pilar tujuan pembangunan berkelanjutan, yakni tujuan 11 TPB sangat erat kaitannya dengan kota-kota. Tujuan 11 TPB ini berfokus untuk mencapai kota dan permukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan. Semakin banyaknya penduduk yang memilih untuk tinggal di perkotaan (sebesar 53 persen pada 2014 menurut UN Indonesia, 2017) membuka lebih banyak kesempatan untuk maju di satu sisi," kata dia.

Acara ini juga dihadiri para wali kota se-Indonesia, Ketua IAP Ir Bernardus, Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Dirjen Pengembangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan para undangan. (ana)

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved