News Analysis

Manado Masuk 10 Besar Kota Metropolitan, Begini Tanggapan Pengamat Sosial

Sudah diakui oleh pemerintah pusat kalau Manado itu sebagai salah satu kota yang sudah mempunyai perkembangan.

Manado Masuk 10 Besar Kota Metropolitan, Begini Tanggapan Pengamat Sosial
Ist
Jeffry Paat 

News Analysis oleh :
Jeffry Paat
Pengamat Sosial Sulawesi Utara

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jadi kita kira itu sudah satu langkah maju untuk perkembangan Kota Manado, Sulawesi Utara.

Karena sudah diakui oleh pemerintah pusat kalau Manado itu sebagai salah satu kota yang sudah mempunyai perkembangan.

Baik dari masalah ekonomi, sosial dan politik itu tentunya sudah dicapai sehingga ada penilaian pemerintah pusat untuk dikembangkan menjadi kota modern atau kota metropolitan.

Nah memang Kota Manado itu memang sudah saatnya menjadi Kota Metropolitan karena dia adalah salah satu kota yang terbilang maju di kawasan Indonesia Timur mulai dari kemajuan itu kelihatan pada pertumbuhan ekonominya masalah pindidikannya, masalah sosialnya di aspek sosial, di aspek pendidikan, aspek ekonomi dan aspek politik sudah bertumbuh dengan baik.

Begitu juga dengan penata layanan kepada masyarakat jadi seperti yang kita kenal Manado sebagai Kota Cerdas, jadi penata layanan di Kota Manado memang sudah cukup baik dan memang sudah betul-betul menjadi pelayanan prima kepada masyarakat yang sekarang sudah dilaksanakan online semua sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih efektif dan lebih efisien.

Kemudian infrastruktur Kota Manado juga sudah cukup baik, baik itu dari segi prasarana jalan maupun di sektor ritel, perhotelan, swalayan hingga mal. Jadi itu semua merupakan indikator untuk menuju pada Kota Metropolitan atau lebib bagus menjadi Kota Modern.

Jadi Kota Modern itu tentunya harus dibarengi dengan masyarakat yang betul-betul punya karakter sebagai manusia yang modern.

Jadi kalau hal itu tidak didukung dengan masyarakat yang modern artinya paling tidak dia berfikir yang maju dan berpikir positif sehingga itulah nanti yang akan menuju kepada manusia modern, punya ceriga masa depan, punya kemampuan SDM yang baik dari segi pendidikan hingga kesehatan.

Rata-rata saat ini masyarakat Manado semuanya hampir 80 persen itu punya kemampuan, dan kemampuan ini yang membuat dia menjadi dinamis, dia bekerja, dia bergerak menuju pada kehidupan pribadi terlebih pada kehidupan keluarga.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved