Ketua DPP PKB: Sejumlah Pengurus PKB Tak Dilibatkan pada Muktamar

Namun, Ketua Steering Committee Muktamar V PKB Ida Fauziyah membantah hal tersebut

Ketua DPP PKB: Sejumlah Pengurus PKB Tak Dilibatkan pada Muktamar
KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar 016) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sejumlah pengurus partainya tak diundang dan juga tidak dilibatkan dalam pelaksanaan Muktamar V PKB di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (20/8/2019).

Hal ini diungkapkan Ketua DPP PKB Lukman Edy. Ia juga menyatakan, termasuk dirinya tak diundang.

Lukman menambahkan pengurus DPP yang tak dilibatkan ialah yang dikenal dekat secara personal dengan Abdul Kadir Karding. Karding merupakan eks sekjen PKB yang diganti beberapa bulan lalu.

"Beberapa di sekretariat DPP yang portofolio (dekat dengan) Mas Karding juga tidak diundang dan tidak dilibatkan," kata Lukman saat dihubungi, Selasa (20/8/2019).

Ia menduga, tidak dilibatkannya sejumlah pengurus yang dekat dengan Karding merupakan imbas adanya perbedaan sikap politik di internal PKB saat penentuan capres dan cawapres pada Pemilu 2019.

Selain itu, menurut Lukman, hal tersebut dipicu pula perbedaan sikap antara mereka yang tidak dilibatkan dalam Muktamar V dan para peserta dan panitia dalam memandang kepemimpinan PKB ke depan.

Lukman mengatakan ia dan Karding serta sejumlah pengurus menginginkan adanya rekonsiliasi total di internal PKB usai Pilpres 2019. Selain itu mereka menginginkan adanya penguatan kepemimpinan secara kolektif dan kolegial.

"Kesemuanya dianggap mengganggu konsolidasi dan memperlemah kepemimpinan sekarang," tutur Lukman.

Saat ditanya apakah ada upaya untuk mengarahkan Muktamar V PKB berujung pada aklamasi, Lukman membenarkan.

"Bukan hanya indikasi (mengarahkan aklamasi), tapi seperti itu adanya," lanjut Lukman.

Namun, Ketua Steering Committee Muktamar V PKB Ida Fauziyah membantah hal tersebut. Ia mengatakan semua pengurus DPP dilibatkan dalam pelaksanaan Muktamar V. Ia mengatakan, semua pengurus tanpa diundang semestinya hadir dalam Muktamar V PKB. Ia pun memastikan semua pengurus DPP PKB diundang dalam pelaksanaan Muktamar V.

"Pengurus DPP diundang semua. Siapa yang bawa kabar itu (ada yang tidak dilibatkan)? Aku malah enggak dengar," lanjut dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketua DPP Sebut Sejumlah Pengurus PKB Tak Dilibatkan pada Muktamar", https://nasional.kompas.com/read/2019/08/20/14302091/ketua-dpp-sebut-sejumlah-pengurus-pkb-tak-dilibatkan-pada-muktamar

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved