TNI AL Berhasil Bebaskan 23 ABK KM Mina Sejati Yang Disandera

Zaenal mengaku bahwa upaya komunikasi dengan para ABK di atas kapal tersebut mengalami kebuntuan

TNI AL Berhasil Bebaskan 23 ABK KM Mina Sejati Yang Disandera
Rahmat Rahman Patty/Kompas.com
Aparat gabungan sedang bersiap bebaskan sandera 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setelah lebih dari sehari melakukan pendekatan untuk menyelamatkan belasan anak buah kapal ( ABK) yang berada di atas kapal KM Mina Sejati, Aparat TNI Angkatan Laut dari Lanal Aru akhirnya berhasil menguasai sepenuhnya kapal tersebut.

“TNI Al sudah berhasil naik keatas KM Mina Sejati,” kata Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI Angkatan Laut, Laksamana Pertama Mohamad Zaenal saat dihubungi Kompas.com dari Ambon, Senin sore (19/8/2019).

Zaenal menjelaskan setelah berhasil naik ke atas kapal tersebut, personel TNI AL langsung melakukan pemeriksaan dan penggeledahan di atas kapal itu, termasuk memeriksa seluruh ABK yang berada diatas kapal.

“Saat ini (anggota TNI) sedang melakukan pemeriksaan lebih detail,”ujarnya.

Sebelumnya, Zaenal mengaku bahwa upaya komunikasi dengan para ABK di atas kapal tersebut mengalami kebuntuan karena panggilan radio komunikasi yang dilakukan pihak TNI AL tidak juga digubris oleh para ABK.

Dia mengaku soal keberadaan 15 ABK yang berada di atas kapal tersebut. Dia belum dapat memastikannya apakah mereka dalam keadaan sehat dan selamat ataukah tidak.

“Tentunya langsung dilakukan penyelidikan jika nanti ada korban atau nanti ada yang luka dan sebagainya nanti diberikan pengobatan medis dan segera dievakuasi,” terangnya.

Saat disinggung mengenai keberadaan para pelaku dan motif kejadian tersebut, Zaenal belum bisa menjelaskannya karena masih menunggu laporan lebih lanjut.

“Saya masih menunggu konfirmasi selanjutnya dari lapangan,” katanya singkat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, insiden keributan antara sesama ABK di atas KM Mina Sejati terjadi saat kepal tersebut sedang berlayar di perairan Kepulauan Aru pada Sabtu (17/8/2019) kemarin. Insiden itu mengakibatkan 7 ABK tewas dan 11 lainnya selamat setelah berhasil melompat ke laut.

Sementara, 15 ABK lainnya masih berada di dalam kapal tersebut. Untuk mengatasi masalah itu, personel TNI AL langsung dikerahkan dengan menggunakan KRI Selat Lada ke lokasi kejadian. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Lebih dari Sehari Lakukan Pendekatan, TNI AL Berhasil Kuasai KM Mina Sejati", https://regional.kompas.com/read/2019/08/19/13270531/setelah-lebih-dari-sehari-lakukan-pendekatan-tni-al-berhasil-kuasai-km-mina

Editor: Charles_Komaling
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved