Berita Perbankan

BI Luncurkan QRIS, Satu QR Code untuk Semua Pembayaran, Apa Saja Keunggulannya?

Eko Irianto, Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sulut menjelaskan, implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari

BI Luncurkan QRIS, Satu QR Code untuk Semua Pembayaran, Apa Saja Keunggulannya?
Tribun Manado/Fernando Lumowa
Eko Irianto, Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sulut (kiri) menjelaskan tentang QR Code Indonesian Standard (QRIS) di kantornya, Senin (19/08/2019) sore. 

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Bank Indonesia meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS).

Peluncuran bertepatan dengan HUT ke–74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/08/2019). Khusus di Sulut, Kantor Perwakilan BI Sulut meluncurkan QRIS usai upacara peringatan detik-detik Proklamasi RI.

Eko Irianto, Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sulut menjelaskan, implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020.

"BI memberikan masa transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP)," kata Eko mewakili Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat di Manado, Senin (19/08/2019).

Peluncuran QRIS merupakan salah satu implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang telah dicanangkan pada Mei 2019 lalu.

QRIS mengusung semangat UNGGUL (UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung), bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia Maju.

"Semangat ini sejalan dengan tema HUT ke–74 Kemerdekaan RI yaitu SDM Unggul Indonesia Maju," katanya.

Berita Populer

Baca: 2 Anak Pejabat Pesta Sabu di Kamar Kos Gadis 19 Tahun, Digerebek saat Asik Lakukan Hal Terlarang Ini

Baca: Pria Ini Berteman dengan 30 King Kobra, Coba Lihat Reaksi si Raja Ular Ketika Diberi Makan Paha Ayam

Baca: Kamboja Disikat 1-10 Oleh Myanmar, Indonesia Dibantai 0-7 Oleh Vietnam

QRIS UNGGUL mengandung makna, pertama, Universal, penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri.

Kedua, Gampang, masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved