Berita Minahasa

Antisipasi Bencana di Musim Kemarau, Begini Imbauan ROR!

Bupati Minahasa Royke Roring (ROR) mengatakan, mengantisipasi penanganan dan pencegahan kebakaran yang terjadi.

Antisipasi Bencana di Musim Kemarau, Begini Imbauan ROR!
TRIBUN MANADO/ARTHUR ROMPIS
Antisipasi Bencana di Musim Kemarau, Begini Imbauan ROR! 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bupati Minahasa Royke Roring (ROR) mengatakan, mengantisipasi penanganan dan pencegahan kebakaran yang terjadi di saat musim panas yang berkepanjangan, sudah saatnya untuk mengoptimalkan program Pembukaan lahan tanpa bakar.

“Pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB) yang harus dioptimalisasikan. Tidak ada cara lain, harus beralih dari cara tradisional ke modern.

"Masyarakat harus lebih memperhatikan dampak dari membakar lahan, karena dari membuang puntung rokok sembarangan saja, bisa mengakibatkan kebakaran besar seperti yang sudah disampaikan Presiden RI dan Gubernur Sulut,” tandas ROR di Tondano, Jumat (16/08/2019).

Diungkapkan Roring, berdasarkan prediksi cuaca dari BMKG, puncak kemarau akan terjadi di bulan Agustus hingga September dengan kondisi lebih kering dibandingkan kemarau tahun 2018.

Berdasarkan prakiraan hujan bulanan BMKG, periode Juli-Oktober diperkirakan rendah.

Oleh karena itu perlu diwaspadai wilayah-wilayah yang mengalami periode musim kemarau 2019 akan lebih kering terutama di bagian Sulawesi, dan berdampak didaerah daerah di Sulut terlebih di kabupaten Minahasa.

Sebelumnya, Bupati Minahasa Royke Roring menghadiri Rapat Koordinasi Daerah Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sulut di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Kamis (15/08/2019).

Yang dihadiri oleh Pangdam XXI / Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Alexander Mandalika, Sekprof Sulut Edwin Silangen, Kadis Kehutanan provionsi Sulut Roy Tumiwa, Forkopimda Sulut, Para Bupati/Walikota se Sulut, Para Pejabat TNI Dan Polri se Sulut.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan bagaimana mengantisipasi penanganan dan pencegahan kebakaran yang terjadi disaat musim panas yang berkepanjangan ini.

Gubernur meminta Kepada Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda), Panglima Kodam (Pangdam), Komandan Resort Militer (Danrem), Komandan Kodim (Dandim) dan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) untuk bekerja sama membantu Pemerintah provinsi dan kabupaten kota se Sulut.

Halaman
12
Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved