Viral Empat Pemuda Kencingi Bendera Merah Putih: Begini Pengakuan Mereka

Satu video yang menampilkan empat orang pria diduga mengencingi bendera Merah Putih menjadi viral di media sosial.

Viral Empat Pemuda Kencingi Bendera Merah Putih: Begini Pengakuan Mereka
kompas.com
Polisi Menyelidiki Video Viral Empat Pemuda Kencingi Bendera Merah Putih 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Satu video yang menampilkan empat orang pria diduga mengencingi bendera Merah Putih menjadi viral di media sosial. Mabes Polri pun menyatakan telah mengamankan empat orang yang ada dalam video tersebut.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, keempat pemuda itu tengah diperiksa secara intensif oleh kepolisian. "Sudah diamankan keempatnya. Saat ini masih dimintai keterangan oleh tim gabungan Polres Inhu (Indragiri Hulu)," ujar Dedi, Minggu(11/8).

Baca: Nicolas Carr Warga Australia Telah Ditetapkan Sebagai Tersangka, Aksinya Tendang Warga Yang Lewat

Ia menjelaskan keempat pemuda tersebut merupakan warga Indragiri Hulu. Adapun identitas keempatnya antara lain Bambang Oktri Swesta, M Fachrobby Subartha, Mayanda Sandi Septia Hadi, dan Dino Satria Wiratama.

Dalam video viral itu terlihat bahwa Dino beserta Mayanda buang air kecil di dekat bendera merah putih yang dijual dalam rangka peringatan HUT RI ke-74. Aksi itu dilakukan Jumat (9/8) malam pukul 23.40 WIB dan direkam oleh rekannya sendiri yakni Bambang dan Fachrobby.

Peristiwa terjadi di sebuah Kafe di Jalan Jenderal Sudirman, Desa Candirejo, Kecamatan Pasir Penyu. Video tersebut kemudian diunggah melalui salah satu Instastory akun Instagram pelaku. "Bambang memposting video tersebut ke instastory Instagram miliknya dengan nama akun @boswestaaa," ujarnya.

Video tersebut kemudian viral di akun Instagram bernama LAMBE TURAH. Namun, pada Sabtu (10/8), Bambang menghapus video itu dari Insta Story-nya sekira pukul 13.00 WIB. Setelahnya, sekira pukul 15.00 WIB, Bambang membuat video klarifikasi dan mengirimkannya ke akun Instagram LAMBE TURAH.

Baca: Sintesa Peninsula Hotel dan Griya Sintesa Manado Berbagi untuk Anak Yatim

"Mayanda buang air kecil di bawah bendera merah putih yang digantung (air seninya tidak mengenai bendera) di dekat pohon di depan parkir kendaraan roda 4 dan bendera tersebut merupakan bendera yang dijual menjelang peringatan HUT RI ke 74, sedangkan Dino Satria buang air di samping pohon tempat bendera tergantung (air seninya tidak mengenai bendera)," ujar Dedi.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting SIK mengatakan para pemuda yang viral tersebut berhasil diamankan dan saat ini masih dalam tahap proses penyelidikan dan meminta keterangan lebih lanjut. "Sekira pukul 20.00 WIB para pemuda tersebut telah berhasil kita amankan," ujar Kapolres Inhu.

Dari hasil interogasi pihak kepolisian terhadap empat pemuda tersebut, bahwa video yang viral tersebut bukanlah untuk mengencingi bendera serta lafaz Allah. Hanya saja menurut kepolisian aksi itu direkam oleh temannya serta diberikan narasi oleh temannya seakan-akan kejadian di video itu memang tengah mengencingi bendera dan lafaz Allah.

"Hasil interogasi awal, terhadap keempat pemuda, ternyata didapat video atau bukti baru, diwaktu yang sama saat kejadian itu, yang direkam oleh temannya juga FA (21), namun dengan angel (sisi) yang berbeda yang menunjukkan hasil video yang juga berbeda," kata AKBP Dasmin Ginting SIK.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved