Techno

DJI Rilis “Gimbal Stabilizer” Ronin SC untuk Kamera Mirrorless, Ini Harga dan Spesifikasinya

Pabrikan drone asal China, DJI, memperkenalkan aksesori handheld stabilizer bernama Ronin SC

DJI Rilis “Gimbal Stabilizer” Ronin SC untuk Kamera Mirrorless, Ini Harga dan Spesifikasinya
www.diyphotography.net
DJI Ronin SC 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pabrikan drone asal China, DJI, memperkenalkan aksesori handheld stabilizer bernama Ronin SC.

Ronin SC ini didesain khusus untuk kamera tipe mirrorless.

Dibandingkan Ronin S sebelumnya, Ronin SC (compact) berukuran lebih ringkas dan ringan dengan bobot hanya 1,1 kg, atau hampir setengah dari Ronin S.

“Ronin SC lebih mudah untuk dibawa, disiapkan, dan digunakan, tapi masih dibekali dengan fitur dan teknologi canggih,” ujar Senior Product Manager DJI Paul Pan.

Lantaran lebih kecil, kapasitas beban maksimal Ronin SC pun berkurang menjadi hanya 2 kg, sementara Ronin S diketahui sanggup menopang kamera dan lensa hingga sebesar 3,6 kg.

Namun, hal tersebut mungkin bukan masalah karena kamera dan lensa mirrorless pada umumnya memang lebih ringan dibandingkan DSLR.

Ronin SC memiliki pegangan utama yang terbuat dari gabungan logam magnesium, aluminium, dan plastik. Kamera dipasang di gimbal 3-axis. Ada joystick dan sejumlah tombol untuk mengendalikan gerakan gimbal.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (18/7/2019), DJI mengklaim Ronin SC sebagai handheld stabilizer “terkecil, teringan, dan terpintar”.

Ronin-SC Gimbal
Ronin-SC Gimbal (Source: DJI)
 

Ada dua fitur baru yang ditambahkan. Pertama adalah Active Track 3.0 yang memungkinkan kamera mengikuti gerakan subyek (tracking) via aplikasi di smartphone yang terpasang di hotshoe Ronin SC. Fungsinya mirip dengan drone DJI dan kamera Osmo.

Fitur baru kedua adalah Force Mobile, yakni versi lebih ringan dari Force Pro, untuk mensinkronkan gerakan gimbal dengan perangkat mobile yang kompatibel. Jarak maksimal pengendalian mencapai 25 meter secara wireless lewat koneksi bluetooth 5.0.

DJI sudah mulai memasarkan Ronin SC dalam dua paket, yakni paket “Essential” seharga 440 dollar AS (Rp 6,2 juta) dan paket “Pro Combo" yang meyertakan Focus Motor baru, Focus Wheel, dan Remote Star Stop Splitter seharga 540 dollar AS (Rp 7,6 juta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DJI Rilis “Gimbal Stabilizer” Ronin SC untuk Kamera Mirrorless", https://tekno.kompas.com/read/2019/07/19/15110077/dji-rilis-gimbal-stabilizer-ronin-sc-untuk-kamera-mirrorless

BERITA TERPOPULER:

Baca: Profil Arswendo Atmowiloto, Sastrawan dan Wartawan Senior Penuh Prestasi yang Meninggal Dunia

Baca: Ribuan Kondom Bekas Berserakan di Lorong, Warga Sekitar Ungkap Hal Ini

Baca: 7 Tokoh Senior Digadang Jadi Calon Menteri Jokowi: Ada Ahok hingga 2 Anak Mantan Presiden

Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved