News Analisis

Pengamat Politik Taufik Tumbelaka - Konfercab Ajang Persiapan Pilkada Serentak

Diadakannya Konfercab dan Konferda PDI Perjuangan merupakan langkah politik strategis sebagai langkah proaktif dan antisipatif terhadap konstelasi

Pengamat Politik Taufik Tumbelaka - Konfercab Ajang Persiapan Pilkada Serentak
ryo noor/tribun manado
News Analisis Pengamat Politik Taufik Tumbelaka 

TRIBUNMANADO. CO. ID, MANADO - Diadakannya Konfercab dan Konferda PDI Perjuangan merupakan langkah politik strategis sebagai langkah proaktif dan antisipatif terhadap konstelasi plus dinamika politik ke depan.

PDI adalah parpol besar dan kuat dimana raihan posisi politik saat ini tidak terlepas dari kebijakan-kebijakan politik parpol guna meraih target politik di kancah perpolitikan yang semakin kompetitif.

Langkah politik PDIP saat ini yang dilakukan di seluruh Indonesia nampaknya tidak sekadar untuk membahas hasil Pileg 2019.

Kemudian seperti penentuan Pimpinan DPRD,dan juga alat kelengkapan dewan lainnya atau bicara tentang Pilkada serentak 2020, tapi apa yang dilakukan PDI Perjuangan lebih dari itu.

Nampak sebagai parpol terkuat, PDIP akan mengambil ancang-ancang terkait Pilkada seluruh Indonesia 2024 dimana lebih dari 500 kabupaten/kota dan 33 propinsi akan melakukan pemilihan di mana PDI Perjuangan akan mengamankan sejumlah daerah yang telah dipegang plus memperluas dominasi.

Bahkan muara dari langkah sekarang akan bermuara kepada Pileg dan Pilpres berikut, PDI Perjuangan dengan pengalaman perjalanan dan juga raihan saat ini tentunya tidak mau kehilangan dominasi politik secara Nasional.

Khususnya di Sulut, akan digelar 8 daerah yang akan Pilkada, terdiri dari Pilgub, Pilkada di Bolsel, Boltim, Manado, Bitung, Tomohon, Minsel dan Minut.

Struktur yang kuat hingga ke ranting atau desa/kelurahan, akan menjadi mesin politik andal PDIP menghadapi kontestasi politik.

Konfercab dan konferda juga jadi ajang selektif mengevaluasi kader.

Kader loyal akan dipertahankan, bahkan bisa dipercaya menduduki jabatan strategis partaoi, sementara kader yang performanya loyo akan terhempas.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved