Sulawesi Utara

Sekprov Silangen Ingatkan Pemangku Kepentingan Bijaksana Terkait Akses Masyarakat Pulau Terluar

Sekprov Sulawesi Utara Edwin Silangen membuka secara resmi Rapat Penyusunan Data Base Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) Di Provinsi Sulawesi Utara

Sekprov Silangen Ingatkan Pemangku Kepentingan Bijaksana Terkait Akses Masyarakat Pulau Terluar
Humas Pemprov Sulut
Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen menghadiri Rapat Kerja Daerah Pengelolaan Bencana Terpadu yang dibuka langsung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo di Hotel Mercure Manado, Rabu (19/6/2019) pagi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sekprov Sulawesi Utara Edwin Silangen membuka secara resmi Rapat Penyusunan Data Base Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) Di Provinsi Sulawesi Utara Rabu (10/7/2019) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Sekprov mengatakan bahwa penyusunan data base pulau-pulau kecil terluar merupakan langkah maju untuk memperoleh kondisi eksisting 37 desa yang terdapat di 9 pulau terluar berpenghuni.

Yang dimaksud yakni menyangkut antara lain kondisi infrastruktur fisik, ekonomi, kesejahteraan rakyat dan pemerintahan.

Silangen mengatakan bahwa data base pulau-pulau kecil terluar bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana kondisi suatu daerah dan permasalahan yang dihadapi terkait kondisi yang sebenarnya baik sumber daya alam, sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya dari kawasan perbatasan.

Pulau terluar identik dengan daerah kategori 3T yaitu: Terluar, Tertinggal dan Terpencil.

Baca: Top Skor dan Klasemen Liga 1 Indonesia 2019, Persija Jakarta dan Persib Bandung Naik Satu Tingkat

Baca: Ibu Kriss Hatta Bongkar Masa Lalu Hilda Vitria dan Anaknya: Saat Susah Juga Hilda Masih Sayang

Baca: Ketika Emosi SBY Belum Stabil, Lihat Apa yang Ia Lakukan Saat Tahlilan 40 Hari Ani Yudhoyono

Baca: Ternyata Komjen Iriawan, Jenderal Bintang 3 yang Dikait-kaitkan Kasus Novel Baswedan

Baca: MK Gelar Sidang Gugatan Parpol di Sulut, Berikut Poin Gugatan

Kata sekprov, harus disikapi secara arif dan bijaksana oleh semua pemangku kepentingan yang ada terkait aksesibilitas atau akses yang terbatas dan kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan fundamental masyarakat daerah 3T.

Sesuai dengan program Nawa Cita yang ketiga Presiden Joko Widodo yang menegaskan komitmennya untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Sekprov mengajak kepada seluruh kepala desa sebagai garda terdepan pembangunan diwilayah perdesaan untuk tampil sebagai motivator dan inovator pembangunan diwilayah masing-masing sehingga memperkuat desa di pulau kecil terluar.

Baca: Reklamasi Teluk Manado Butuh Modal Besar, Investor Minimal Siapkan Sebesar Ini

Baca: FAKTA BARU Kematian Thoriq Rizky Maulidan, Tim Forensik Sebut Ada Luka Memar di Tubuh

Baca: PDIP Ajukan Gugatan ke MK, Siap Buktikan Penggelembungan Suara

Baca: Viral Video Pesona Manohara Gegerkan Laga Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Utama GBK

Baca: Fans Juventus Teriakan Yel-yel Sambut Kedatangan Gonzalo Higuain saat Jalani Pemeriksaan Medis

Silangen menambahkan data base pulau-pulau kecil terluar yang berkualitas bisa dijadikan sumber informasi sebagai dasar pengambilan keputusan dalam mengalokasikan program dan kegiatan yang benar-benar menyentuh kepentingan mendasar masyarakat di kawasan perbatasan.

Djemi Gagola Kepala Badan Pengelola Perbatasan Sulut menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan rapat tersebut untuk melakukan pembahasan terakhir Draft Data Base PPKT setelah disusun oleh petugas pendata dengan para kepala desa PPKT sebelum dipublikasikan dan mendapatkan data base PPKT yang berkualitas bagi percepatan pembangunan kawasan perbatasan di Sulut. (*)

Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved