Hak Asasi Manusia

Berikut Pemahaman HAM Menurut Sekda Minahasa

Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Korengkeng mengatakan bahwa Hak Asasi Manusia merupakan hak dasar yang secara kodrati melekat pada diri setiap

Berikut Pemahaman HAM Menurut Sekda Minahasa
istimewa
Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Korengkeng mengatakan bahwa Hak Asasi Manusia merupakan hak dasar yang secara kodrati melekat pada diri setiap manusia 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Korengkeng mengatakan bahwa Hak Asasi Manusia merupakan hak dasar yang secara kodrati melekat pada diri setiap manusia bersifat universal dan langgeng.

Karena itu, Hak Asasi Manusia harus dihormati, dimajukan, dipenuhi, dilindungi dan ditegakkan.

“Artinya setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang diterapkan dengan undang-undang dengan maksud untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak orang lain untuk memenuhi tuntutan yang adil."

"Sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis," katanya di Tondano, Jumat (28/6/2019).

Lebih dari itu kata Sekda, juga perlindungan dan penegakan HAM merupakan kewajiban dan tanggung jawab Negara terutama Pemerintah dan diperlukan partisipasi masyarakat.

Ia meyakini hal ini sejalan dengan Visi Minahasa yakni terwujudnya Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.

Maka pemerintah Kabupaten Minahasa senantiasa berupaya untuk mewujudkan Minahasa peduli HAM.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Minahasa memiliki komitmen terhadap pemenuhan 10 hak dasar manusia yang menjadi hak individu bagi setiap masyarakat melalui pelaksanaan program kegiatan yang dikaitkan dengan 4 bidang utama yaitu pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan pembangunan ekonomi kerakyatan.

Jadi dalam hal ini, pemahaman tentang HAM, kata dia, harus mampu dijabarkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintah/

"Sehingga terwujud penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis pada HAM," ungkap Korengkeng

Halaman
12
Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved