Bawaslu Bitung

Bawaslu Bitung Libatkan Media Menghadapi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung

Mulai tahun 2019 kedudukan Bawaslu dan KPU sebagai penyelenggara sudah setara sesuai dengan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum

Bawaslu Bitung Libatkan Media Menghadapi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung
christian wayongkere/tribun manado
Bawaslu Bitung Libatkan Media Menghadapi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID - "Media sebagai corong untuk mengawasi kegiatan tahapan yang ujung pangkalnya bisa ada di media sosial, sebagai informasi terkait tahapan-tahapan dalam hal pengawasan Pilkada 2020 di Kota Bitung," demikian disampaikan Josep Sammy Rumambi anggota Bawaslu Kota Bitung Divisi pengawasan, hubmas dan hubla, Kamis (27/06/2019).

Bawaslu Kota Bitung menggelar Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bagia media massa, dengan menghadirkan pembicara Patria Pombengi wartawan senior dan Supriyadi Pangelu SH anggota Bawaslu Sulut koordinator Divisi Hukum Informasi dan Data, di Hotel Phoenix Bitung.

Dijelaskannya, kegiatan sosialisasi terkait tugas fungsi Bawaslu untuk pengawasan pemilu partisipatif. Dimana dalam rencana tahun 2024 akan di gabung 3 jenis pemilihan pilpres, pileg dan Pilkada serentak akan dilaksanakan.

Mulai tahun 2019 kedudukan Bawaslu dan KPU sebagai penyelenggara sudah setara sesuai dengan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum.

"Di tingkat pusat, provinsi sifatnya tetap dan mandiri, awalnya sifat Bawaslu Adhoc sekarang sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang tetap," tambah mantan ketua KPU Kota Bitung periode 2013- 2018.

Peran media berikan informasi ke masyarakat terkait pelaksanaan pemilu pemilihan walikota dan wakil walikota Bitung serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Populer: Ramai Dibicarakan Setelah Sebut Mantan Istri Bau Ikan Asin, Inilah Sederet Fakta Galih Ginanjar

Populer: Heboh, Bunga Megapuspa Mekar di Puncak Gunung Jayawijaya Papua, Ini Fakta Sebenarnya

Populer: Aksi PA 212 Protes di MK, Pemerintah Ambil Jalur Hukum, Jubir TKN: Hilang Peluang Karena Sudah Basi

Bersama bawaslu dalam bentuk kemitraan dengan media, kurang intensi sehingga akan dicoba ubah di Pilkada 2020 sesuai desain penyelenggara KPU.

"Tahap pilkada mulai September tanggal 30 2019. Mulai dengan penandatangan nota perjanjian hibah daerah di tandatangi lewat usulan bawaslu KPU pihak keamanan dan pemda," kata dia.

Dalam kacamata Bawaslu Kota Bitung ada beberapa hal yang mis saat punggut hitung di Pemilu 17 April 2019 kemarin.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved