Berita Minsel

Teluk Ini Jadi Lokasi 'Favorit' Kapal Besar Lempar Jangkar, Berikut Alasannya!

Teluk Amurang Kabupaten di Minahasa Selatan (Minsel) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi lokasi laut yang sering dilabuih sejumlah kapal besar.

Teluk Ini Jadi Lokasi 'Favorit' Kapal Besar Lempar Jangkar, Berikut Alasannya!
TRIBUN MANADO/ANDREW PATTYMAHU
Teluk Ini Jadi Lokasi 'Favorit' Kapal Besar Lempar Jangkar, Berikut Alasannya! 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Teluk Amurang Kabupaten di Minahasa Selatan (Minsel) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi lokasi laut yang sering dilabuih sejumlah kapal besar.

Keadaan laut yang tenang dan kadang berombak menjadikan teluk ini lokasi favorit kapal-kapal untuk lempar jangkar.

Max Poluakan Petugas Kesyabandaran Pelabuhan Amurang mengatakan bagi kapal yang hendak berlabuh di Teluk Amurang agar melengkapi surat-surat administrasi seperti izin bergerak ke lokasi ini.

"Biasanya yang mengurus izin, itu dari keagenan kapal dan ada juga dari pemilik langsung," kata dia, Selasa (18/06/2019).

Dia mencontohkan ada kapal besar yang rutin membawa logistik dan bahan bakar untuk mensuplai Kapal Karadeniz Powership atau kapal pembangkit listrik milik Turki di perairan Moinit, Minsel.

Di Moinit karena termasuk perairan terbuka dan bagian dari Lautan Pasifik, kecepatan anginnya tidak normal dan lautnya bergelombang.

"Jadi sebelum masuk ke Laut Moinit, pemilik kapal lebih suka parkir atau berlabuh sementara di Teluk Amurang yang teduh.

"Namun terpenting setiap ada pergerakan kapal, nahkoda harus melapor ke syahbandar agar diberi izin bergerak ketika hendak ke Laut Moinit," kata Poluakan.

Sementara itu, dia menambahkan untuk kapal besar jenis penumpang seperti KM Labobar dan KM Dorolonda yang pernah menjadi primadona transportasi laut warga Minsel sudah tidak masuk ke Minsel.

"Pada prinsipnya setiap ada kapal besar yang hendak ke bandar harus ada izin. Ini mirip-mirip lah aturan di bandar udara," pungkas dia.

(Tribunmanado.co.id/Andrew Alexander Pattymahu)

BERITA TERPOPULER:

Baca: Liburan Sama Ahok, Perut Buncit Puput Nastiti Devi Jadi Sorotan, Netizen: Hukum Tabur Tuai Berlaku

Baca: Pria Ini Keluarkan Uang Ratusan Juta hanya untuk Tanah Selebar 30 Cm

Baca: Video Wasekjen PAN yang Bikin Turun Moral Kuasa Hukum Prabowo-Sandi, Bermohon Kubu 01 Jangan Bully

TONTON JUGA:

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved