Berita Pendidikan

PPDB Online 2019 untuk SMPN di Kota Ini Terdapat 3 Jalur, Poin Terbesar Berada pada Zonasi

Sistem zonasi reguler merupakan penilaian utama dari proses PPDB online 2019.

PPDB Online 2019 untuk SMPN di Kota Ini Terdapat 3 Jalur, Poin Terbesar Berada pada Zonasi
TRIBUN MANADO/ARTHUR ROMPIS
Calon siswa dan orangtua sibuk mendaftar melalui Siap PPDB Online di salah satu ruangan sekolah di Manado, Sulawesi Utara, Senin (02/07/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Depok akan diselenggarakan pada tanggal 4-5 Juli 2019.

"Apabila pendaftaran langsung seperti siswa berprestasi dan perpindahan orangtua akan dilaksanakan pada 27-28 Juni 201," kata Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan Kota Depok Yusuf, Kamis (13/06/2019).

Yusuf mengatakan, ada 26 sekolah negeri di Depok yang dapat menampung 6.976 murid.

Ia mengatakan, pendaftaran PPDB terdiri dari tiga jalur, yakni jalur zonasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan orangtua.

Dia menjelaskan, sistem zonasi reguler merupakan penilaian utama dari proses PPDB setiap tahun.

Sebab jalur zonasi memiliki poin 90 persen.

"Jalur zonasi ini menggunakan penilaian dari 10 hingga 100 tergantung jarak dari rumah ke sekolah yang dituju," ucap Yusuf.

Ia mengatakan, pendaftaran zonasi pun terbagi lagi dalam enam bagian, yakni siswa tidak mampu mendapatkan poin 20 persen, anak berkebutuhan khusus mendapatkan poin 5 persen, anak pendidik dan tenaga kependidikan lima persen.

"Anak luar kota mendapatkan poin 3 persen, anak berprestasi mendapatkan 7 persen, dan zonasi reguler 50 persen," ucapnya.

Secara umum, persyaratan zonasi itu melampirkan fotokopi sertifikat hasil ujian (SHU) sekolah, kartu keluarga sebelum 31 Desember 2019, akta kelahiran, dan kartu identitas anak (KIA) bagi yang sudah memilikinya.

Halaman
12
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved