Pilkada

Asisten 1 Setda Provinsi Sulut Edison Humiang Siap Tarung di Pilkada Bitung 2020

Kontestasi pilkada serentak pemilihan walikota dan wakil walikota Bitung 2020 mendatang, semakin menarik untuk diulas

Asisten 1 Setda Provinsi Sulut Edison Humiang Siap Tarung di Pilkada Bitung 2020
ISTIMEWA
Edison Humiang dan istri 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kontestasi pilkada serentak pemilihan walikota dan wakil walikota Bitung 2020 mendatang, semakin menarik untuk diulas keberadaan kontestan yang akan bertarung.

Setelah nama-nama para petahana Wali kota Bitung Max J Lomban dan wakil wali kota Bitung Ir Maurits Mantiri digadang-gadang akan maju menjadi calon wali kota Kota. Selain itu, muncul nama-nama lainnya dari kalangan birokrat dan politisi.

Muncul pula Birokrat Edison Humiang‎, Ramoy Markus Luntungan serta Cindy Wurangian Ketua DPD II Partai Golkar Kota Bitung serta Eva Sarundajang anggota DPR RI dari PDIP.\Mereka disebut siap bertarung dengan Lomban dan Mantiri dan calon lainnya sebagai calon walikota Bitung.

Nama Edison Humiang yang kini menjabat asissten 1 Bidang Pemerintahan setda Provinsi Sulut disebut-sebut bakal maju sebagai wali kota Bitung dalam Pilkada nanti.

Di titik-titik strategis di tepi jalan dan mudah dilihat di Kota Bitung, sudah beredar baliho foto Humiang bersama istri terkait ucapan Selamat Idul Fitri dan lainnya.

Edison Humiang merupakan mantan Plt Sekda Bitung pada Oktober 2010 dan pada 2011 hingga Februari 2016 sesuai SK Gubernur Sukut persetujuan Mendagri.

"Saya ini kan aparatur sipil negara (ASN)‎, kalau diperintahkan ke mana saja oleh gubernur harus siap. Pinsipnya sebagai ASN siap ditempatkan dan diperintahkan‎ satu saja rumus tidak ada kata menolak," tegas Humiang.

Mengenai alat peraga baliho dirinya bersama istri tercinta Ny Telly Humiang Muhaling itu wajar-wajar saja, untuk menyapa masyarakat muslim yang ada di Kota Bitung‎.

Dukungan untuk Edison Humiang sebagai calon wali kota Bitung pada Pilkada 2020 mendatang, datang dari Petrus 'Tole' Rumbayan tokoh masyarakat dan LSM Sakti Kota Bitung mendukung penuh dan mendorong untuk menjadi calon wali kota Bitung.

"Kenapa kami sangat mendukung beliau untuk menjadi calon wali kota Bitung, karena kami merindukan sosok beliau yang bermasyarakat," kata Petrus.

Pengamat politik Taufik Tumbelaka menilai figur calon wali kota Bitung dari kalangan berlatar belakang birokrat merupakan figur kawakan.

Selain nama Edison Humiang, Taufik memprediksi ada nama lainnya seperti Ramoy Markus Luntungan Bupati Minsel 2005-2010 dan penjabat bupati Minsel 2003-2005 dan Fabian Kaloh mantan asisten 1 Pemkot Bitung yang terpilih menjadi anggota DPRD Sulut pada Pemilu 2019, dari PDI Perjuangan daerah pemilihan (dapil) Bitung-Minut.

"Sosok Humiang sangat lama berkarir di pemkot Bitung, bahkan pernah mencapai posisi paripurna sebagai sekretaris daerah. Mencuatnya nama-nama diatas wahar karena bagian dari ekspektasi publik walaupaun akan ditunggu keputusan politik mereka apakah akan ikut dalam kontestasi berikut dan jika ikut akan mengambil posisi calon walikota atau wakil walikota," kata Taufik.(crz)

Baca: Prabowo Minta MK Jadikan Dia Presiden: Ini Contoh Kasus Pilpres Kenya-Austria

Baca: Maia Ungkap Penyesalan Ceraikan Dhani Usai El Rumi Temukan Ini, Bahkan IG Dhani Upload Video Maia

Baca: KABAR GEMBIRA, Gaji ke-13 PNS Sudah Cair, Ini Besarannya

Baca: Suami Hancurkan Rumah Mewah Karena Istri Selingkuh, Netizen: Benar Hancur Rumah, Tangga hingga WC

Baca: Jadwal Copa America 2019, Tonton Laga Perdananya di Channel Alternatif Berikut

Baca: BREAKING NEWS: Jenderal TNI (Purn) George Toisutta Meninggal Pagi Ini

Baca: VIDEO VIRAL Wanita Cantik Tak Bayar Ongkos Go Car, Sang Supir Mengalah, Lita Diserang Netizen

Baca: Marah Suami Selingkuh di Hotel, DN Suruh Polisi Ciduk Suami & Selingkuhan, Begini Endingnya

 

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved