Pilpres 2019

Jokowi-Ma’ruf Menang Pilpres: Begini Ajakan Gubernur Sulut ke Kubu Prabowo

Joko Widodo-Ma’ruf Amin terpilih jadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Partai pengusung PDIP

Jokowi-Ma’ruf Menang Pilpres: Begini Ajakan Gubernur Sulut ke Kubu Prabowo
ISTIMEWA
Olly Hadiri Dies Natalis ke-59 Fakultas Pertanian Unsrat 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Joko Widodo-Ma’ruf Amin terpilih jadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Partai pengusung PDIP keluar sebagai jawara Pemilu 2019. Partai Gerindra menjadi runner up diikuti Partai Golkar, PKB dan Nasdem.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merampungkan rekapitulasi hasil Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 pada Selasa (21/5/2019) dini hari. Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 memperoleh 85.607.362 atau 55,50 persen, sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

Efek Jokowi da

Baca: Pidato Prabowo Tanggapi Rekapitulasi KPU soal Pilpres Jokowi Menang: Kami Paslon 02 Menolak 

n Prabowo ikut mengantar PDIP dan Gerindra meraih sukses pada pesta demokrasi kali ini. PDIP meraih 27.053.961 suara atau 19,33 persen dan Gerindra mendulang 17.594.839 suara 12,57 persen (lihat grafis).

Pesta demokrasi yang memunculkan polarisasi telah usai. Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey meminta semua pihak kembali merajut persatuan dan kesatuan yang sempat terganggu karena beda pilihan. Kata Ketua DPD PDIP Sulut ini, siapa yang terpilih itulah pemimpin seluruh rakyat Indonesia.

"Kita fokus saja pada pembangunan, kembali bersama-sama membangun bangsa, mensejahterakan masyarakat agar semua berjalan dengan baik," kata Olly, Selasa kemarin.

Wakil Ketua DPD PDIP Sulut, Steven Kandouw menyampaikan, sebagai warga negara yang baik, mari mengakui dan menghargai keputusan KPU sebagai penyelenggara pemilu. "Bukan karena saya pendukung 01, tapi ini semua untuk kepentingan bangsa," ujar Wakil Gubernur Sulut ini.

Soal aksi people power, Kandouw berharap pihak yang tak puas lebih baik menempuh jalur hukum. "Masalah tidak setuju hasil silahkan (pemilu) bawa ke ranah hukum, bukan turun ke jalan apalagi sampai ada tindakan anarkis," kata dia.

Menurut Kandouw, pemilu sudah cukup menyita banyak energi bangsa. "Sudah capek bangsa ini, mari kerja, kerja, kerja," kata dia. Bendahara DPD PDIP Sulut, Andrei Angouw mengajak semua pihak menerima hasil pemilu. "Kemenangan ini kan kemenangan rakyat. Yang terpilih juga pemimpin seluruh rakyat," ujar Ketua DPRD Sulut ini.

Hasil yang diumumkan KPU ini, jadi momentum untuk merajut lagi bersama persatuan yang sempat terkoyak karena pemilu.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved