AJP-Hillary Caleg Champions DPR RI: Milenial ‘Kuasai’ Kursi Senayan

Teka-teki calon legislatif terpilih DPR dan DPD RI dari Sulawesi Utara terjawab! Ada 10 nama dipastikan melenggang ke Senayan

AJP-Hillary Caleg Champions DPR RI: Milenial ‘Kuasai’ Kursi Senayan
TRIBUN MANADO/ARTHUR ROMPIS
Hillary Lasut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Teka-teki calon legislatif terpilih DPR dan DPD RI dari Sulawesi Utara terjawab! Ada 10 nama dipastikan melenggang ke Senayan. Sebanyak 6 kursi DPR RI diisi Adriana Dondokambey (PDIP), Felly Runtuwene (Partai Nasdem), Adrian Jopie Paruntu (Partai Golkar), Herson Mayulu (PDIP), Vanda Sarundajang (PDIP) dan Hillary Lasut (Nasdem). Sementara untuk 4 kursi senator akan ditempati Cherish Herriette, Maya Rumantir, Djafar Alkatiri dan Stevanus BAN Liow.

Hillary menjadi caleg terakhir yang mengunci kursi ke-6 DPR RI. Caleg Nasdem ini memastikan terpilih setelah Komisi Pemilihan (KPU) Kota Manado menyelesaikan pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di Hotel Peninsula, Manado, Jumat (10/5/2019). Hillary beroleh 10.936 suara. Total suasa Nasdem di Manado sebesar 46.118 suara. PDIP meraih 84.918 suara.

Cukup besar tapi belum cukup untuk meraih kursi ke-4 untuk partai atau kursi ke-6. Untuk meraih kursi buat caleg Jantje Wowiling Sajouw (JWS), PDIP butuh 100 ribu suara di ibu kota provinsi ini.

Hillary pun bakal memecahkan rekor sebagai anggota DPR RI termuda di Indonesia dengan usia 22 tahun. Kepada tribunmanado.co.id, Hillary mengungkapkan rasa suka cita.

"Data (form) C-1 dan perhitungan suara memastikan saya meraih kursi ke-6, sangat bahagia dan penuh dengan ucapan syukur kepada Tuhan," ujar putri Bupati Talaud terpilih Elly Lasut ini, Jumat (10/5/2019).

Ungkap Hillary, banyak yang ragu ia akan terpilih karena terlalu muda. Tapi ia membalikkan keraguan itu. "Apa yang dikatakan orang mustahil atau tidak mungkin (jadi anggota DPR RI di usia 22 tahun) ternyata tidak mustahil bagi Tuhan. Saya bersyukur sekali kepada Tuhan," kata dia.

Hillary mengucapkan terima kasih pada tim sukses, simpatisan dan seluruh warga Sulut yang sudah memilihnya. Mantan Ketua OSIS SMANSA Manado ini menyamakan kemenangannya dengan kisah Alexandria Ocasio Cortez, politisi muda berdarah latin di New York.

Cortez mengalahkan incumbent yang sudah berkuasa selama 14 tahun dalam Pemilu Primer New York. "Dia selalu menginspirasi saya karena ucapannya yang saya kutip You God the Money, we Got the People (kalian punya uang, tapi saya punya rakyat). Suara rakyat adalah suara Tuhan," kata dia.
Hillary menyatakan ia tidak mengeluarkan uang sebanyak caleg yang lain. Pun tidak punya daya paksa kepada para aparatur sipil negara (ASN).

"Tapi dengan niatan hati yang teguh dengan kepercayaan bahwa masyarakat Sulut tidak semua pragmatis, Tuhan membuktikan proses tidak mengkhianati hasil," ujar dia.
Hillary mengaku leluasa untuk memperjuangkan aspirasi rakyat.

Adrian Paruntu bersama Kader-Kader Terbaik Golkar
Adrian Paruntu bersama Kader-Kader Terbaik Golkar (Istimewa)

Ia tak punya beban utang serta kepentingan pribadi. "Saya maju tanpa money politics, saya tidak ada beban utang dan ini membuat saya leluasa (tanpa memikirkan untung rugi) berjuang dengan seluruh kemampuan saya untuk membuktikan masyarakat Sulut tidak salah memilih saya. Dan akan terus berjuang menjadi wakil rakyat teladan kebanggan Sulut, khususnya generasi milenial dan kaum perempuan di kancah nasional," kata Purna Paskibraka Manado ini.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved