Dandim 1310 Bitung Sampaikan Pentingnya Ideologi Pancasila

Kerukunan beragama di Indonesia sangat penting dengan dasar Ideologi Pancasila. Berbagai suku dan agama dipersatukan oleh Pancasila yaitu Sila Pertama

Dandim 1310 Bitung Sampaikan Pentingnya Ideologi Pancasila
IST/kodim 1310/Bitung
Dandim 1310 Bitung Sampaikan Pentingnya Ideologi Pancasila 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Kerukunan beragama di Indonesia sangat penting dengan dasar Ideologi Pancasila. Berbagai suku dan agama dipersatukan oleh Pancasila yaitu Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa.

"Para pendahulu kita bekerja tanpa pamrih dalam merumuskan isi dari Pancasila. Sehingga kita bisa menikmati hasil karya mereka yang terdahulu, agar kita bisa mengenal kerukunan antar umat beragama dan toleransi di bawah bingkai NKRI dan taat kepada hukum yang berlaku," ujar Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat.

Baca: Ini Dia Calon Anggota Dewan Termuda di Manado, Maju Karena Nazar, Tumbangkan 3 Ketua Partai

Kesadaran akan kerukunan hidup umat beragama harus bersifat dinamis, humanis dan demokratis. Agar dapat ditransformasikan kepada masyarakat di kalangan bawah. Sehingga kerukunan tersebut tidak hanya dapat dirasakan atau dinikmati oleh kalangan-kalangan tertentu saja.

Kerukunan merupakan kebutuhan bersama yang tidak dapat dihindarkan di tengah perbedaan. Perbedaan yang ada bukan merupakan penghalang untuk hidup rukun dan berdampingan dalam bingkai persaudaraan dan persatuan.

"Keharmonisan dalam komunikasi antar umat beragama adalah tujuan dari kerukunan beragama. Agar terciptanya masyarakat yang bebas dari ancaman, kekerasan hingga konflik agama," kata Letkol Inf Kusnandar Hidayat.

Baca: Jenderal Andika Perkasa: Memproses Letkol Lebih Penting, Daripada Laporkan Rizal Ramli ke Polisi

Dandim 1310/Bitung memberikan materi Kerukunan Antar Umat Beragama yang bertempat di Aula Kantor Camat Girian Kota Bitung, (8/5/2019).

Kegiatan itu dilaksanakan bersamaan dengan acara "Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No 4 Tahun 2006/Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pendirian Rumah Ibadah Serta Kerukunan Antar Umat Beragama Kota Bitung Tahun 2019". (fin)

Penulis: Finneke Wolajan
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved