Menteri Kabinet Jokowi Diperiksa KPK, Johan Budi: Ditetapkan Tersangka akan Diganti Presiden

Staf Khusus Presiden Johan Budi mengatakan Presiden Jokowi dipastikan mengganti menterinya jika berstatus sebagai tersangka.

Menteri Kabinet Jokowi Diperiksa KPK, Johan Budi: Ditetapkan Tersangka akan Diganti Presiden
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Plt Pimpinan KPK Johan Budi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hari ini, Rabu (8/5/2019) menjalani pemeriksaan di KPK untuk tersangka Romahurmuziy.

Sebelumnya ada Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sudah lebih dulu diperiksa KPK terkait kasus dugaan suap dana hibah KONI.

Ada juga Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang belum diperiksa tapi ruang k‎erjanya digeledah oleh penyidik KPK.

Lantas apakah ketiga menteri tersebut bakal diganti oleh Presiden Jokowi karena terseret di lembaga anti rasuah?

Menjawab itu, Staf Khusus Presiden Johan Budi mengatakan Presiden Jokowi dipastikan mengganti menterinya jika berstatus sebagai tersangka.

Jokowi, menurut Johan Budi belum tentu mengganti para menteri pembantunya itu jika masih berstatus sebagai saksi untuk diambil keterangannya.

"‎Perlu dipahami seseorang yang diperiksa KPK sebagai saksi itu belum tentu terlibat. Tapi ketika seseorang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, tentu akan diganti oleh Presiden," tegas Johan Budi, di Kantor Presiden, Rabu (8/5/2019).

Terkait apakah bakal ada reshuffle dalam waktu dekat, menurut Johan Budi, mengganti menteri di kabinet kerja Presiden Jokowi tidak ditentukan oleh masa akhir dari pemerintahan periode Jokowi.

"‎Mengenai apakah ada reshuffle dalam waktu dekat ini saya tidak tahu, tetapi pak presiden selalu melakukan evaluasi kinerja ke para menterinya setiapp waktu. Ketika pak presiden melihat kinerja menterinya tidak perform bisa diganti dan menterinya tersangkut hukum," tambahnya.

‎Terakhir, Johan Budi berpesan seseorang yang diperiksa KPK, tidak boleh langsung disimpulkan secara dini bahwa orang tersebut akan menjadi tersangka atau terlibat dalam kasus korupsi.

Simak Berita Tribun Manado Lainnya:

Baca: Jadwal dan Prediksi Susunan Pemain Ajax Amsterdam Vs Tottenham di Liga Champions, Misi Sulit Spurs

Baca: Bupati Bolsel Minta Linmas Bantu Awasi Keberadaan Orang Asing

Baca: (VIDEO) Bantai Barcelona di Anfield, Juergen Klopp Menilai Permainan Lawan Mudah Ditebak

TONTON JUGA:

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sejumlah Menteri Berurusan dengan KPK, Istana: Kalau Tersangka Tentu Diganti

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved