Bolehkah Perempuan yang Sedang Haid Baca Alquran Pakai Ponsel?

Tidak hanya perempuan yang haid, orang yang berhadas kecil (belum berwudu) masih boleh membaca Alquran tanpa menyentuh mushaf.

Bolehkah Perempuan yang Sedang Haid Baca Alquran Pakai Ponsel?
tribun jateng
ilustrasi membaca Alquran 

TRIBUNAMANDO.CO.ID - Perempuan haid masih bisa mengerjakan amalan ibadah selama bulan Ramadan. Salah satunya membaca Alquran tanpa menyentuh lembaran mushaf.

Bagaimana hukumnya menyentuh ponsel atau tablet yang ada konten Alqurannya?

Berikut ini, pembahasan hadis dan ayat Alquran terkait hukum membaca Quran tanpa berwudu dan tidak pakai mushaf atau di handphone atau melalui aplikasi telepon pintar.

Tidak hanya perempuan yang lagi kedatangan tamu bulanan, orang yang berhadas kecil (belum berwudu) masih boleh membaca Alquran tanpa menyentuh mushaf.

Hal ini seperti yang diriwayatkan dari Ali Radhiyallahu 'Anhu:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِي الْخَلَاءَ فَيَقْضِي الْحَاجَةَ ثُمَّ يَخْرُجُ فَيَأْكُلُ مَعَنَا الْخُبْزَ وَاللَّحْمَ وَيَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَلَا يَحْجُبُهُ وَرُبَّمَا قَالَ لَا يَحْجُزُهُ عَنْ الْقُرْآنِ شَيْءٌ إِلَّا الْجَنَابَةُ

“Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam masuk ke kamar kecil lalu menyelesaikan hajatnya. Kemudian beliau keluar dan makan roti dan daging besama kami, beliau juga membaca Al-Qur'an. Tidak ada yang menghalanginya Shallallahu 'Alaihi Wasallam –boleh jadi berkata: tidak menghalanginya- dari membaca Al-Qur'an kecuali junub.” (HR. Ibnu Majah)

Sedangkan membaca al-Qur’an sambil menyentuh mushaf, para ulama berbeda pendapat.

Ada yang membolehkannya, ada juga yang mensyaratkan harus terbebas dari hadats besar dan hadats kecil.

Yakni sesuai dengan ayat al Qur’an: "Sesungguhnya Al Qur'an ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhmahfuz), tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan. Diturunkan dari Tuhan semesta alam. Maka apakah kamu menganggap remeh saja Al Qur'an ini?" (QS. Al-Waqi'ah: 77-81)

Halaman
1234
Editor: Edi Sukasah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved